Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Selasa, 14 April 2015

Selamat Merayakan Ujian Nasional...



Dear All,

Hari senin, 13 April 2015.. Masyarakat akademis Indonesia akan merayakan even tahunan yang begitu semarak dan bisa dibilang selalu menarik perhatian. Apa even tersebut ? Even itu adalah Ujian Nasional.. dan kali ini yang pertama kali melakukan Ujian nasional adalah tingkat Sekolah Menengah Atas. Ujian Nasional tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena dilakukan percontohan ujian nasional secara online…wah keren. Memang sepertinya tidak semua pelaksanaan menggunakan online karena pasti ada beberapa daerah yang belum terjangkau sistem ini, tapi rasanya menjadi sebuah terobosan besar dalam sistem pendidikan nasional.

Ujian nasional kali ini memang banyak menimbulkan pro kontra antara lain karena ditakutkannya banyak masalah teknis yang mungkin terjadi dan dapat mengganggu konsentrasi belajar peserta. Mati lampu, computer error, waktu pelaksanaan UN  yang lebih lama (jadi seminggu) dan berbagai kesulitan teknis lain seperti belum terbiasanya peserta banyak dijadikan keluhan oleh pihak yang kontra. Dulu saya sendiri menjalani UN selama 4 hari . Jika orang bilang apakah rasanya menegangkan , saya bilang tentu..tapi jauh lebih rileks dibandingkan beberapa minggu atau bulan sebelum pelaksanaan ujian. Apalagi saat sudah selesai pelaksanaan, rasanya plong..apalagi jika kita InsyaAlloh yakin dengan hasil yang mampu melebihi standar kelulusan.

UN dikenal dengan drama yang ditimbulkan saat pengumuman kelulusan. Ketidaklulusan seorang siswa sering kali begitu tragis apalagi ketika di-share di media, dan menimbulkan keresahan bagi para generasi selanjutnya, juga bagi sekolahnya. Namun sebuah terobosan baru pada saat ini, yaitu sistem yangtidak membuat UN sebagai pemberi keputusan mutlak kepada kelulusan setidaknya sedikit memberi angin segar bagi sekolah, siswa dan para orang tua dengan tentunya tidak mengurangi kualitas dari pendidikan itu sendiri.
Menggembirakan melihat para pelajar berpesta saat menerima hasil kelulusan yang membanggakan diri, keluarga dan sekolah. Apalagi jika mampu meberikan prestasi tersendiri seperti lulusan terbaik atau mendapat Nilai UN sempurna. Bagi saya, mendapat nilai sempurna di UN adalah suatu hal yang istimewa dan mengagumkan. Hal yang saya sendiri tidak bisa dan mungkin dianggap biasa bagi temen yang dapet nilai sempurna. Bahkan seringkali nilai yang sempurna didapat dari pelajaran yang diklaim sebagai momok para pelajar selama bertahun-tahun….Matematika.

Harapannya, semoga UN tahun ini memberikan hasil yang membahagiakan bagi adek-adek pelajar di Indonesia. Sehingga berhasil menempuh pendidikan dasar dengan kualitas yang baik agar bisa berguna bagi diri, keluarga, agama dan Negara. Jika berhasil dalam UN ini, ingatlah doa dan usaha yang telah dilakukan selama ini, semoga itu membuat kalian sadar, tidak jumawa, dan tidak lupa diri untuk berpawai ria coret sana-sini membuat kegaduhan dimana-mana. Akan lebih bermanfaat kalian sumbangkan seragam kalian daripada dikasih pewarna hehehe.

Best Regards,