Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Sabtu, 19 September 2015

4P - Pilar Service Excellent

Dear All,
Ada sebuah teori yang menyebutkan kalau Service Excellent dibangun dari 4 pilar. Ibarat sebuah rumah, bila salah satu pilar itu tidak ada maka ruamh tersebut akan runtuh. 4 Pilar itu adalah :
1. Product
Product adalah keluaran yang menjadi item utama dari apa yang dilayankan kepada konsumen. Product bisa berupa barang atau jasa. Product yang bagus adalah product yang dikemas dengan baik, teratur, dijaga kualitasnya (ada Quality control) dan memiliki nilai tambah kepada konsumen.
2. Process
Process adalah kegiatan  mendekatkan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Prosess distandarisasi dengan adanya sistem yang terjabarkan dalam SOP. Process adalah rangkaian kegiatan pelanggan mendapatkan apa yang diinginkannya tanpa ada pengurangan kualitas sedikitpun. Maka sistem digunakan untuk menjamin kualitas itu dan menghindarkan penyimpangan.
3. People
People adalah orang-orang yang bertugas memberikan pelayanan. Mereka dibekali pengetahuan, kemampuan dan sikap yang profesional dan dilatih terus menerus dengan berbagai pengembangan diri. Mereka juga dibekali pengetahuan berpakaian yang baik, sopan dan menarik.
4. Place
Place adalah tempat dimana pelayanan dilakukan. Tempat tersebut harus memberikan kenyamanan, keamanan, mempunyai kebersihan dan keleluasaan. Tempat yang baik mampu memperbaiki mood pelanggan, terutama ketika mengharuskan mereka menunggu untuk mendapat yang diinginkan. Akan lebih baik jika tempat tersebut tertata rapi, teratur, mampu menghindarkan kesalahan pelayanan, dan terdapat sarana yang menghibur.

Demikian teori 4 pilar service Excellent. For Your Information
Best Regards,