Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Sabtu, 19 September 2015

Melakukan Service Excellent

Dear All,
Bekerja di bidang yang memberikan pelayanan kepada orang lain, dituntut memberikan kemaanfaatan dan kepuasan. Untuk mencapai itu maka pihak yang menyediakan pelayanan harus mempraktekkan service Excellent. Apa itu Service Excellent ?

Service Excellent adalah sebuah cara untuk memberikan pelayanan yang terbaik, menciptakan nilai tambah dan kepuasan kepada kostumer. Service berarti setiap kegiatan yang bertujuan untuk memberi kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan. Sedangkan Excellence adalah sesuatu yang diberikan mempunyai kualitas tinggi dan melebihi apa yang diharapkan customer. Inti dari service Excellent adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasi, menggerakkan serta mengendalikan proses pelayanan dengan standar yang sangat baik untuk memuaskan pelanggan dan menghilangkan jarak antara kualitas pelayanan dengan keinginan kostumer.

Membangun Service Excellent membutuhkan beberapa aspek, diantaranya
1. Kehandalan dan kemampuan
Untuk memberikan pelayanan, yang pasti harus dimiliki adalah kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan terhadap bidang pelayanan yang akan dilakukan. Menjadi master dari apa yang kita berikan kepada orang lain adalah wajib. Terus belajar dan berpraktek adalah satu-satunya cara untuk menjadi pemberi pelayanan yang handal.
2. Penampilan
Memberikan penampilan fisik dan mental yang terbaik wajib untuk mendapatkan service excellent. Bukan masalah bentuk fisik, tapi lebih kepada memakai pakaian yang bersih, rapi, wangi dan sopan. Penampilan mental maksudnya tetap menjaga keanggunan sikap walaupun menghadapi kondisi yang sulit.
3. Empati dan tanggap
Pelayanan terbaik membutuhkan rasa empati dan ketanggapan yang tinggi. Memiliki empati untuk menemukan dan menyelesaikan masalah dan kebutuhan kostumer, bahkan menawarkannya sebelum diminta adalah cara menunjukan best service. Selain empati, tanggap terhadap detail kebutuhan kostumer juga merupakan bukti ada iktikad memberikan pelayanan terbaik. Minimal itu akan memberikan kesan di mata pelanggan kalau pelayanan semaksimal mungkin sudah diberikan
4. Kepercayaan
Pada akhirnya semua service excellent berujung kepada munculnya kepercayaan tinggi konsumen kepada penyedia pelayanan. Sehingga visi dari pelayanan mampu dicapai dan diterima oleh yang dilayani dengan baik dengan ditandai adanya sebuah kepuasan.

Membangun Kualitas Service Excellent harus menyiapkan beberapa hal, antara lain :
1. SDM
SDM yang akan memberikan pelayanan, harus siap dengan segara kemampuan dan excellent attitude untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
2. Fasilitas
Segala sarana prasarana untuk mendukung pelayanan harus lengkap, siap dan memiliki kualitas yang baik.
3. Sistem
Sistem berisikan segala aspek manajerial dan pendukung yang terkait pelayanan. Manajemen pelayanan, pengendalian penyimpangan harus dijabarkan dalam standar operational procedure, SOP ini dibuat dengan memperhatikan aspek manajemen resiko, dan ditaati oleh semua pegawai. Dan harus ada control pelaksanaanya. Sistem juga mencangkup aspek audit dan evaluasi pelayanan.

 Demikian gambaran sederhana tentang service Excellent, semoga bermanfaat. for your Information
Best Regards,