Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Kamis, 03 September 2015

Positif Sharing

Dear All,
Pada suatu hari libur, pagi-pagi saya sudah bangun dan menyalakan televisi dengan maksud hati ingin mencari sesuatu yang menghibur. Dulu, yang namanya hari libur adalah harinya entertainment, dimana dari pagi sampai siang ada acara-acara kartun, atau acara hiburan lain yang menarik. Bahkan jam tayangnya dimulai dari setelah subuh !.


Acap kali tontonan televisi bersaing ketat dengan keinginan olahraga untuk memenangkan mana yang harus dilakukan saat pagi pada hari libur. Apalagi jika ada episode-episode krusial yang sayang sekali untuk dilewatkan. Tidak masalah berkorban nonton berita dulu sebelum mulai tayang acara yang ditunggu. Tapi sekarang saat saya nonton berita, saya jadi cepat-cepat ingin ganti channel, kenapa ?

Entah kenapa, saya merasa sekarang informasi mengenai kriminalitas begitu banyak terexpose, pagi-pagi saja saya sudah nonton beberapa berita tentang pembunuhan, dan perampokan. Selain kriminalitas, isu negatif yang lain juga berderet-deret ditampilkan. Isu Negatif seperti unjuk rasa berbuntuk kekerasan, korupsi, suap, dan segala berita yang tidak ada prestasi seseorang didalamnya berganti-ganti menghiasi televisi, bahkan untuk semua channel. Sekalinya ada berita inspirasional, hanya ditampilkan terakhir di satu segmen sebelum jam tayangnya selesai.

Apakah Kriminalitas yang terekspos itu mungkin adalah hal yang paling menarik bagi banyak orang ? saya sendiri tidak. Karena mengawali pagi hari dengan kenegatifan akan membuat hari seseorang secara psikologis akan menjadi negatif. Kemarahan, ketakutan dan perasaan buruk lain yang muncul dari kasus kasus yang terjadi secara tidak langsung akan menular bagi pendengar berita itu. Apalagi sekarang media tidak hanya penutur fakta, tapi juga pembentuk opini.

Saya rasa akan lebih bijak jika porsi inspirasional dan motivasional ditambah, karena masyarakat butuh disemangati, butuh contoh yang baik yang ditampilkan sehari-hari, dan butuh perasaan terhibur. So kita bisa budayakan positif sharing.

Semoga positif sharing  bisa diawali dari diri kita sendiri, dari hal kecil, dan mulai saat ini.
Best Regards,