Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Senin, 20 Juni 2016

Sahabat ?

Dear All,
Persahabatan...bagai kepompong
mengubah ulat menjadi kupu-kupu
persahabatan...bagai kepompong
maklumi teman, hadapi perbedaan

Dari lirik lagu itu, saya tahu bahwa persahabatan mengakibatkan metamorfosis hehe,, just kidding. Begitulah yang namanya persahabatan yang ideal...maklumi teman hadapi perbedaan. Sebenarnya apa sih persahabatan ? Persahabatan sering dikaitkan dengan hubungan tanpa hubungan darah yang erat dan dekat melebihi hubungan sekedar kenal atau teman biasa. Orang-orang yang saling bersahabat biasanya mudah berbagi perasaan dan pengalaman baik suka maupun duka bersama, sehingga kedekatan mereka terjalin.

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu berinteraksi dengan banyak orang baik baru maupun lama. Yang membedakan mereka bisa menjadi sahabat atau tidak adalah kesediaan mau menerima kekurangan satu sama lain. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan jika saling menerima hal tersebut, bisa jadi muncul sebuah kecocokan. Kecocokan itu menimbulkan kesamaan sikap dan perilaku, entah itu dibalut sikap yang baik, atau..sikap yang buruk

Karena kesamaan visi itulah, banyak yang bilang sahabat adalah cerminan seorang manusia. Jika ingin melihat siapa seseorang, maka lihatlah sahabat-sahabatnya. Bisa jadi iya, bisa jadi tidak, karena sikap seseorang pun berubah-rubah. Kecuali jika mereka itu adalah sehabat-sahabat sejati. Hmm...istilah apa lagi sahabat sejati ? sebuah istilah yang katanya diidam-idamkan untuk dipunyai oleh semua orang di dunia.

Sahabat sejati disebut-sebut sebagai orang yang selalu ada jika kita membutuhkan, yang menyemngati kita jika kita jatuh, yang membantu kita jika membutuhkan pertolongan, yang mengingatkan kita jika salah, serta ada dalam susah dan senang. Hmm..mendengar sikap itu...rasanya ideal banget yah ?. Namun adakah persahabatan yang kekal abadi dan nyata di dunia ini ? mungkin ada, tapi yang jelas tidak kekal.

Syukurilah kehadiran orang-orang yang kita bisa anggap sahabat terbaik yang kita punyai... meskipun kita tahu sahabat kita yang jelas akan menemani kita adalah AMAL.
Best Regards,