Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 27 November 2015

Tentang Musik Greensleeves

Dear All,
Dulu waktu SD, saya suka bermain NES (Nintendo). Salah satu game NES yang pernah saya mainkan adalah game Magic Jewelry, dimana game itu mengusung tema tentang puzzle model ala tetris, yaitu memasangkan rangkaian berlian yang mempunyai jenis dan warna yang sama, dan mencegah agar papan permaianan penuh oleh berlian yang tersusun tidak tepat dan menumpuk. Semakin tinggi levelnya, maka akan semakin cepat pergerakan dari berlian berlian itu jatuh di dalam papan permainan.
                    Gambar 1. Screenshoot game Magic Jewelry ((Sumber Gambar)
Salah satu part yang menarik bagi saya adalah saat di level 6, background theme dari level tersebut bagi saya enak didengar dan syahdu. Jadi saya biasanya sangat bersemangat main dari level 1-5 agar segera mencapai level 6 dan mendengar lagu itu. Tapi saya tidak tahu itu lagu atau musik apa, dan di jaman tersebut sulit untuk menelusur musik apakah ini.

12 tahun kemudian, ketika saya bekerja di tempat kerja sebelumnya, saya terkejut saat hari pertama masuk kerja dan mendengar bel masuk yang ternyata musiknya sama dengan musik di level 6 game itu. Saya semakin penasaran dan serasa nostalgia ketika masuk atau pulang dari kantor diingatkan dengan adanya musik ini. Akhir-akhir ini saya menelusur di internet, sebenarnya musik apakah itu ? dan kemudian hasil penelusuran saya mengarah pada sebuah judul musik yang bernama "Greensleeves". 

Lagu ini ternyata ada versi aslinya yang katanya merupakan musik klasik atau instrumental tradisional dari eropa. Kalau saya telusur asal-usul sejarah musik ini ada banyak versi, entah itu dari jerman, atau dari inggris. Versi yang populer adalah lagu ini dibuat oleh Raja Henry viii dari Inggris untuk wanita yang sangat dicintainya, yaitu Anne Boleyn. Henry yang sangat mencintai Anne akhirnya menciptakan lagu ini untuk mengambil hati Boleyn. Walau begitu sejarah pasti dari lagu ini masih tidak diketahui karena tidak ada bukti yang jelas. Namun, lagu ini tetap terkenal di Inggris dan di seluruh dunia, bahkan menjad inspirasi dalam berbagai versi.

Yang mau lihat atau denger versi musik DISINI
Yang mau lihat atau denger versi Piano DISINI
Yang mau lihat atau denger versi theme dari game NES Magic Jewelry DISINI
Jadi manakah yang anda favoritkan ? hehe
Best Regards,

Sumber gambar 
Jamestabang. Magic Jewelry : Game Level 7. http://www.gamefaqs.com/nes/935394-magic-jewelry/images/25