Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Selasa, 03 November 2015

Bagaimana jika masih belum ketemu Passion ?

Dear all,
Istilah Passion dianggap sebagai sumber utama kesenangan dalam melakukan sesuatu oleh banyak orang. Mereka berkata kalau melakukan sesuatu dengan passion maka mereka akan lebih berhasil, lebih menikmati, dan kurang lebih happy. Tentu menyenangkan bagi orang-orang yang sudah punya minat khusus pada bidang tertentu sejak kecil, karena bisa jadi disitulah passionnya. Namun yang bingung adalah orang-orang yang tidak punya minat khusus pada satu bidang tertentu, atau malah bingung karena berminat pada semua bidang dan BISA menguasai semua bidang ><

Banyak orang berkata, "bagaimana saya bisa cari passion saya ? apa passion saya ? bagaimana cara menemukan passion saya ?" dan berbagai pertanyaan sejenis. Dan selalu saja jawabannya "renungkan masing-masing, dalam hati nurani apa yang paling kamu sukai".. lah apa jadinya kalau dia memang bingung memilah kesukaan, atau justru hal yang paling disukainya adalah hal yang tidak produktif seperti tidur atau nonton tivi ?. Bukan bagaimana mencari passion, tapi berusahalah untuk selalu mencari passion dengan kenali diri lebih dalam. Ada beberapa langkah yang saya usahakan untuk mencoba mencari passion, yaitu

a. Membuat daftar pekerjaan apa yang ketika dilakukan membuat hati puas, lega dan nyaman.
Setiap orang pasti mempunyai kegiatan apapun yang ketika dilakukan dia akan menimbulkan kesenangan. Tapi kegiatan ini bukan sesuatu yang bersifat menghabiskan sesuatu, misal menghabiskan uang,  seperti belanja. Tapi bersifat melakukan sesuatu. Saya yakin semua orang pasti pernah merasakannya. Usahakan kegiatan yang pernah dilakukan  itu tidak hanya satu kali dilakukan.

b.Mencoba berbagai hal baru.
Bisa jadi apapun yang dilakukan selama ini tidak menimbulkan kegairahan, maka cobalah berbagai hal baru. Mencoba aktivitas baru, makanan baru, baca buku, browsing, travelling, diskusi dengan orang-orang yang dianggap hebat, semua akan menambah wawasan baru. Jangan minder, karena semua orang punya hak yang sama untuk bisa hidup asyik.

c. Menikmati prosesnya
Bisa jadi ternyata akan ada banyak proses dalam menjalani semua hal atau usaha mencari passion, dan jangan takut akan konsekuensinya. Semua orang yang ber-passion atau sukses dalam hidup selalu berani (walaupun takut, tapi tetap mencoba berani) dalam menghadapi konsekuensi yang ada. Sedih, senang, sulit mudah...semua dijalani. 

d. Tetap berdoa dan besabar
Tidak semua orang lahir dengan karunia akan memiliki satu bakat khusus, atau minat khusus pada suatu hal. Ada orang yang oleh Alloh SWT diminta untuk berikhtiar dulu dalam menemukan passion karena bisa jadi dia bakal find more than one passion , atau hal baik lainnya yang dia tidak tahu. So bersabar dan terus berdoa serta berikhtiar. Banyak sekali contoh orang yang setelah belasan tahun, melakukan usaha sana-sini, baru menemukan kegembiraan yang disebut passion itu.

Jadi mari kita bersama-sama jadi passion hunter, karena saya juga masih belum menemukan what the best passion untuk saya pribadi. Maka dari itu saya sedang berikhtiar, dengan salah satunya sharing artikel ini kepada anda-anda semua, karena saya menemukan kegembiraan setelah sharing knowledge seperti ini... bisa jadi ini passion  saya ? who know =)
Best Regards,