Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 20 November 2015

Tentang Pengulangan Resep (Iter)

Dear Sinnamate
Masih membahas mengenai Resep Obat, dalam dunia kefarmasian ada lagi sebuah istilah bernama Iter. Yukk...Mari kenalan dengan Istilah itu...

Iter berarti resep boleh diulang. Maksudnya adalah semua item obat dengan konten dan jumlah yang sama bisa dibeli lagi, tanpa harus pergi ke dokter untuk mendapat resep asli. Misal untuk peresepan terapi dalam jangka waktu yang lama bisa menggunakan prinsip pengulangan ini sehingga memudahkan pasien tanpa harus mengantri ke dokter untuk mendapat terapi yang sama.

Kode Iter ditulis oleh dokter dalam resep. Jika ditulis pada kiri atas maka seluruh sediaan dalam resep boleh diulang, namun bila penulisan iter yang terletak di sebelah kiri tulisah salah satu sediaan maka yang diulang hanya sediaan yang ada disamping tulisan iter tersebut. Misalnya, ada resep tertulis iter 2 kali di kiri atas, itu artinya setelah pembelian resep asli, maka pasien masih bisa menebus obat dengan isi dan jumlah yang sama seperti resep asli, sebanyak 2 kali kesempatan lagi.

Lantas bagaimana cara menebus kesempatan itu ? caranya adalah dengan menggunakan copy resep. Setelah pasien menebus resep asli, maka pasien akan mendapat copy resep dari apoteker yang terdapat kode iter. Pada samping obat yang sudah diberikan, maka diberi tanda det orig, yang artinya obat sudah diberikan untuk pengulangan yang pertama, kemudian bila yang kedua diberi tanda det iter 1x, lalu begitu seterusnya sebanyak permintaan iter.

Jika obat tidak bisa diberikan penuh, maka tinggal ditambakan keterangan jumlah obat yang sudah diberikan pada det orig atau det iter berapa kali. Misal dalam kasus tadi ternyata pada pengambilan yang kedua pasien hanya mendapat 5 obat dari 10 obat yang seharusnya bisa diperoleh karena stok obat di apotek kebetulan habis, maka di copy resep dituliskan det-orig + V (maksudnya angka 5 romawi, tanda sudah diberikan 5 tablet).

Penggunaan Iter juga tidak sembarangan karena tidak semua obat boleh di iter, termasuk narkotik. Hal ini karena resiko penyalahgunaan dan resiko ketergantungan. So demikian tentang pengulangan resep. Semoga bermanfaat.

Best Regards