Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 13 November 2015

Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Dear All,
Tanggal 12 November 2015, diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional dan untuk tahun ini sudah diperingati untuk yang ke-51 kali. Sebagai tenaga kesehatan, saya harus menjadikan momen ini sebagai perayaan dan mengingat kembali arti penting kesehatan bagi hidup manusia.
Dalam memperingati HKN ini, fokus dari Republik Indonesia dalam dunia kesehatan adalah mensukseskan implementasi dari program pembangunan kesehatan pada periode 2015-2019, yang disebut dengan program indonesia sehat. Program Indonesia sehat dapat tercapai melalui 3 pilar, yaitu :
1. Paradigma sehat yang dilakukan dengan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan kesehatan, penguatan promotif, preventid, dan pemberdayaan masyarakat.
2. Penguatan pelayanan kesehatan dilakuka dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, menggunakan pendekatan continuum of care, dan intervensi berbasis resiko kesehatan.
3. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui kartu Indonesia Sehat, dilakukan dengan strategi perluasan sasaran dan benefit serta kendalimutu dan kendali biaya.

Upaya Program Indonesia Sehat difokuskan kepada percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan prevalensi penyakit akibat infeksi, pencegahan penyakit tidak menular melalui perubahan perilaku keluarga, dan pengenalan diri terhadap resiko penyakit pada masyarakat.

Sebagai Tenaga kesehatan, maka mari kita ikut berpartisipasi mengisi momen hari kesehatan nasional dalam berperan aktif dalam program indonesia sehat. Minimal mengaplikasikan pola hidup bersih dan sehat pada diri kita sendiri hehe
Best Regards,