Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Rabu, 04 Februari 2015

Review Game : Tenchu - Stealth of Assasins

Dear Sinnamate,
Hari ini saya ingin membahas sebuah game yang jadi favorit untuk dimainkan saat era playstation. Judul gamenya adalah Tenchu : Stealth Assasin. Hmm… bagi yang  pernah memainkan game ini saya pastikan masa muda kalian itu penuh adrenalin hahaha (ketawa jahat). 
                              Ini Cover Game legendaris itu, tatapan matanya itu loh...
Yupss, Dilihat dari cover-nya game ini mengisahkan perjalanan kehidupan seorang ninja yang mengabdikan diri untuk memberantas kejahatan di berbagai penjuru negeri. Bicara soal konsep penampilan ninja, Tenchu menampilkan pengalaman the classic ninja yang menggunakan identitas yang samar, bercadar, menggunakan baju gelap dan bergerak dalam kegelapan mengendap-endap. Konsepnya tentu beda dengan ninja modern seperti Naruto yang justru memakai outfit baju cerah menarik perhatian dan bertarung secara terbuka dengan musuh hehe.
 
                              Rasakan adrenalin dan  pengalaman bersembunyi ala ninja 
Tenchu : Stealth Assasin adalah game pertama dalam seri Tenchu. Game ini Dibuat dan dirancang oleh Takuma Endo dari Acquire, Tenchu telah dikenal sebagai permainan yang paling berpengaruh dalam genre stealth. Permainan ini juga awal dari franchise jangka panjang, yang terdiri dari sembilan rilisan selama dekade pertama keberadaannya. Tenchu awalnya dimiliki dan diterbitkan oleh Sony Music Entertainment Jepang
.
 
                                           Acquire, perusahaan pembuat game Tenchu

                                 Takumi Endo, sosok mengagumkan creator Tenchu
Permainan ini mempunyai misi tertentu di setiap levelnya dan memiliki plot yang menarik. Dalam permainan, kita dapat memilih siapa yang akan menjadi protagonis utama; apakah Ninja Rikimaru, atau Kunoich (ninja wanita) Ayame. Permainan berlangsung dalam setting zaman feodal Jepang. Rikimaru dan Ayame adalah anggota klan ninja Azuma yang setia kepada Lord Matsunoshin Gohda, pemimpin provinsi Gohda. Ninja klan azuma ditugasi Lord Gohda sebagai mata-mata dan pelaksana tugas rahasia untuk menjaga keselamatan dan kehormatan provinsi Gohda. 
                                           Mau pilih Rikimaru atau Ayame ?
                          . Lord Matsunoshin Gohda, sosok raja bijaksana yang selalu terancam
Jika bingung bagaimana memulai game ini, saya sarankan untuk mencoba menu training untuk berlatih kontrol game. Misinya harus menyelesaikan rintangan untuk menguji/keterampilan ninja. Jika hasilnya baik, muncul scene berupa Lord Gohda yang memberikan komentar pujian atas skill kita. Tapi jika penilaian skillnya buruk, muncul scene Naotada Sekiya, tangan kanan Lord Gohda akan memarahi kita >,<.
                                        Naotada Sekiya, tangan kanan Lord Gohda
 Misi resmi yang pertama adalah Ninja Azuma diminta untuk mengeksekusi seorang pengusaha bernama Echigoya. Echigoya adalah pengusaha besar, dengan lahan bisnis luas hingga bisnis bisnis lintah darat dan perjudian. Ada dugaan dia memuluskan bisnisnya dengan melakukan penyuapan pada beberapa pihak terkait (termasuk birokrat). Karena menerobos masuk rumah orang kaya, maka dalam misi ini kita akan melawan banyak bodyguard. Tidak hanya bodyguard yang berkeliaran, tapi juga cewek-cewek karena si Echigoya juga hidung belang.

Jika kita berhasil mengalahkannya di akhir misi, muncul scene  sebelum mati dimana dia akan berteriak uang saya! Uang saya”, sebagai bukti “kesukaannya pada harta". Misi yang pertama tidak terlalu sulit, dan lebih mengutamakan kemampuan kita untuk mengambil strategi agar mampu menyerang secara diam-diam. Salah satu bagian paling menarik di misi ini...emmm tentu yang pernah main game ini paling ingat adegan dengan dialog “c’mon..c’mon”-nya Echigoya >,<
                       Rasakan sensasi menebas habis musuh, kemudian mereka bergelimpangan
                                          Menerobos masuk  melawan para bodyguard 
Pada misi kedua, misinya adalah  membawa salinan rencana tertulis yang dimiliki oleh sekelompok ninja musuh yang berencana untuk menyerang Lord Gohda. Salinan itu harus dibawa dengan selamat, melewati sebuah desa yang penuh musuh untuk diserahkan kepada Naotada Sekiya . Dengan mempelajari rencana tersebut, Lord Gohda bisa menghindari atau menghadapi pertarungan brutal nan merugikan yang akan ditujukan pada provinsinya.

Bagi saya pribadi, misi kedua terasa lebih mudah dibandingkan dengan misi pertama. Apalagi jika kita mempunyai item yang mampu membuat kita bergerak dengan kecepatan angin, kita tinggal menggunakannya selama beberapa kali di sebuah jalan yang lurus dan kita akan sampai di tempat naotada dalam sekejap untuk menyelesaikan misi. Kesulitan misi kedua lebih kepada bagaimana teknik kita melewati jalanan desa agar tidak ketahuan musuh. Adegan paling berkesan sih saat harus mengendap-endap disamping tembok rumah penduduk, lalu mampu menyerang ninja dengan finishing move yang keren.
                            Berjalan menyelinap rumah penduduk agar tidak ketahuan 
Pada misi ketiga, salah satu ninja azuma akan ditangkap oleh musuh (walaupun gimana bisa ketangkap tidak diceritakan). Jika kita memilih untuk menjadi Ayame, maka Rikimaru yang ditangkap dan dipenjara oleh musuh, dan begitu pula sebaliknya. Tugas kita adalah menyelamatkan teman ninja yang ditangkap itu. Musuh dalama misi ini cukup kuat dan merepotkan, terutama hewan buas seperti serigala atau anjing. Bos dalam misi ini juga cukup powerful dengan senjata yang gede beserta anak buahnya si beruang atau segerombolan serigala.

Jika kita sudah mengalahkannya, akan muncul scene penampilan seorang Ninja misterius bernama Onikage yang mengungkapkan dirinya datang untuk melawan Lord Gohda dan ninjanya. Tapi sayangnya dia Cuma ngomong doang dan kabur. Di awal-awal saya bermain Tenchu, misi ini terlihat sulit karena medan yang butuh skillful dan musuh yang keroyokan serta merepotkan. Bagian paling diingat adalah saat berkali-kali jatuh ke jurang gara-gara lompat dari jembatan tapi gagal berpegangan di pintu gerbang di sebelah. Ini bagian yang cukup sulit di misi ini lho.

                                Lompati dulu jurang ini sebelum masuk ke hatiku, eh markasku
Pada misi keempat, misi yang dijalani adalah misi pengintaian atas perintah Lord Gohda kepada provinsi tetangga yang diduga akan mengajak berperang. Tugasnya adalah melewati pos pemeriksaan, karena tidak ada jalan lain untuk melewati pos tersebut. Misi ini adalah salah satu misi terbaik bagi saya di game tenchu, karena memiliki fitur yang menarik. Pertama, saya harus menghadapi 2 bos sekaligus dalam misi ini dengan scene yang epik. Kedua, kostum para prajurit sangat unik dan bertarung melawan mereka hingga mereka tersungkur bersimbah darah benar-benar notable. Ketiga ada jembatan dan sungai. Tak ada yang paling asik saat melihat musuh terjatuh dari jembatan karena terpojokkan saat melawan kita. Apalagi melihat mereka tenggelam...great scene.
                                      Hati-hati dengan prajurit musuh dibalik pohon bambu
Pada misi kelima, Ninja kita ditugaskan untuk memata-matai menteri keuangan Lord Gohda pada waktu itu, Kataoka. Faktanya adalah Menteri kataoka telah terbukti melakukan bisnis yang korup dan menerima penyuapan. Kataoka yang sebenarnya menantu dari Naotada Sekiya telah menyalah gunakan kekuasaan dengan bekerja sama dengan pengusaha-pengusaha. Awal misi kita harus mencari dimana minister kataoka ke seluruh sudut rumahnya, sebelum akhirnya kita bingung dan harus menanyai seorang bodyguard nya.

Setelah selesai duel dengan penjaga itu, kita akan menemukan Kataoka sedang berdiri di dekat lapangan panahannya. Uniknya jika kita menggunakan karakter Rikimaru maka Kataoka akan bunuh diri, tapi jika kita menggunakan ayame, maka dia akan melawan (dia gengsi kali bunuh diri di depan cewe hehe). Misi ini mirip dengan infiltrasi ke rumah Echigoya di misi pertama yang artinya akan penuh dengan bodyguard. Bagian menarik adalah saat scene menanyai bodyguard, muncul anak panah melesat membunuh bodyguard itu yang tampaknya dilepaskan oleh Kataoka. Scene Harakiri- nya kataoka juga termasuk memorable.
                                                Menerobos rumah pejabat korup
Pada misi keenam, Ninja Azuma diberi tugas untuk mengakhiri sebuah aliran sesat yang meresahkan dan menghancurkan sebuah batu yang mengandung kekuatan roh jahat. Para pengikut aliran sesat itu menggunakan batu untuk membangun tentara zombie. Bos misi ini adalah pemimpin aliran sesat, yaitu seorang wanita yang agak besar yang menyimpan batu bertuah itu di perutnya (batu bertuah ? memangnya Harry potter ?).

Misi ini tidak terlalu sulit, tapi lebih banyak seremnya. Penampilan monster zombie serta suara-suara aneh mirip tangisan bayi membuat misi ini feeling strange. Notable momennya adalah dalam misi ini, kita bertemu dengan Onikage yang dulu muncul di misi ketiga dan kita berkesempatan melawan dia yang kaya jelangkung itu (datang tak dijemput pulang tak diantar). Tapi ketika dia kalah, dia malah koar-koar lagi dan kabur >,<
                                                      Melawan Pemimpin aliran sesat
Pada misi ketujuh, Ninja Azuma dikirim untuk membunuh para bajak laut latin yang telah menyerang sebuah kota di pesisir wilayah provinsi Gohda. Mereka diduga membuat keresahan bahkan menguasai daerah pesisir. Misi ini adalah salah satu misi yang prajurit-prajuritnya cukup tangguh dan hampir selevel dengan bos. Badan mereka besar-besar, apalagi bawa senjata api yang dapat menurunkan HP kita dalam sekejap. Bagian menarik dari Misi ini adalah keberadaan laut. Kapan lagi melihat musuh tak berdaya karena tak bisa berenang saat tak sengaja tercebur karena terpojokkan saat bertarung ?

                                                        Bajak laut yang badannya besar
                                                     Menyelinap ke kapal bajak laut 
Pada misi kedelapan, Ninja Azuma dikirim untuk mengambil tanaman ajaib dari puncak Gunung Shibah untuk menyembuhkan putri Kiku (Putri Lord Gohda). Sang putri tiba-tiba jatuh sakit dan kehilangan penglihatannya, dan ramuan ajaib ini adalah satu-satunya hal yang bisa menyelamatkannya. Ada banyak jalan berbahaya, musuh dibalik bukit, dan Jurang demi menemukan tumbuhan obat di puncak gunung tersebut dan membawa kembali ke kastil. Bagian menarik dari misi ini adalah pemandangan pegunungan dan jurang-jurang yang asik untuk menendang musuh kita untuk jatuh kedalamnya =D
                                     Harus mendaki gunung demi meraih tumbuhan obat 
Pada misi kesembilan, Kita dikirim untuk membunuh Onikage dan pasukan ninja setannya yang telah mengambil salah satu dari istana Lord Gohda. Bagian menarik dari misi ini adalah Onikage. Kita akan head to head diiringi dengan theme-nya yang unik di puncak menara, walaupun setelah kalah Onikage dalam kondisi berdarah-darah lagi-lagi dia hilang (sial banget ni karakter, ngilang mulu !!)
                                 Melawan para ninja perempuan bertopeng yang tangguh 
Pada misi terakhir, Kita harus menyelamatkan putri Lord Gohda, Putri Kiku, yang ditangkap oleh Lord Mei-Oh, raja neraka. Ternyata saat asik-asik kita menjalankan misi kesembilan sebenarnya di kastil Lord Gohda, si Putri kiku ini malah lagi diculik. Misi ini adalah misi yang paling complicated dari sisi musuh, medan dan fitur. Musuhnya aneh-aneh dari ninja, samurai tengkorak,  zombie napas api, sampai melawan lagi disini si onikage sialan itu, dan kali ini dia benar-benar mati (mungkin). 

Selanjutnya misinya berkutat mencari Putri Kiku di terowongan bawah tanah. Bagian menariknya disini kita bisa melihat pemandangan sungai lahar yang mengalir, dan kapan lagi kita bisa melihat adegan musuh terbakar ketika tenggelam dalam sungai itu. The Final boss, Lord Mei-Oh adalah musuh yang unggul dalam power dan speed. Apalagi kemampuannya didukung teknik Teleport dan laser petir. Tapi itu bukan halangan bagi ninja Azuma untuk mengalahkannya dong.

     Gambar 21. Harus melewati sungai lahar dan melawan tentara zombie di sebrangnya
                                     Pertarungan terakhir melawan raja neraka 
Dalam adegan terakhir setelah mengalahkan Lord Mei-Oh, Rikimaru; ayame dan Putri kiku bergegas keluar gua yang tiba-tiba runtuh (kenapa harus ada adegan runtuh segala ? >.<). Singkat cerita Rikimaru mengorbankan diri dengan melawan reruntuhan agar Ayama dan Kiku bisa selamat.Ketika gua pun runtuh mengubur rikimaru didalamnya, muncul adegan dramatis dan menyedihkan. Di akhir cerita Putri kiku, ayame dan lord gohda berdoa di makam rikimaru (Berjuang melawan musuh dari awal sampai akhir, ending nya keruntuhan gua...sad ending T.T)

Hehehe, berita baiknya Rikimaru tidak mati dan kembali di Game Tenchu 3. Sayangnya tidak hanya Rikimaru yang tidak mati, Onikage pun ikut-ikutan hidup kembali. Tampaknya mereka jauh lebih “berjodoh” dibandingkan dengan Ayame yang “menggalau” terutama di Tenchu 2. Wahh... bagaimana kisah Ninja Azuma di Tenchu 2 ? next time saya post tentang kelanjutan seri ini yah.

Overall, Tenchu adalah game yang recommended bagi Sinnamate yang hobi gaming Stealth genre. Game ini memiliki story yang berhubungan walaupun tidak sedramatis tenchu 2. Kontrol nya juga lumayan, walaupun tiap karakter memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Rikimaru lebih powerfull walaupun lambat, sedangkan Ayame gesit tapi kurang tenaga. Tenchu adalah game penuh skill, dimana kita sebagai player harus mampu memutuskan kapan kita head to head secara terbuka, dan kapan kita mengendap-endap dari belakang. Apapun itu, Tenchu adalah salah satu game terbaik di era PS 1 bagi saya pribadi dengan segala karakter, plot bahkan Backsound music nya yang gelap dan "ninja" banget juga memorable, terutama Onikage theme tentunya (maklum lah melawannya saja bolak-balik).

Demikian pembahasan saya tentang game ini, semoga bermanfaat terutama bagi Sinnamate yang Tenchu Lovers juga hehe. Hitung-hitung kita nostalgia bareng yahhh... 
Best Regards,

Reference   :
http://tenchu.wikia.com
http://tenchu.de