Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Sabtu, 14 Februari 2015

Refleksi Menuju Semangat Pagi


Dear Sinnamate,
Bagaimanakah arti dari pagi hari untuk kalian semua ?; apakah sebagai awal untuk sebuah kehidupan yang menyenangkan? Atau sebaliknya justru diartikan sebagai awal sebuah beban ? atau bahkan hanya sekedar tanda bahwa sarapan yang mengenyangkan sudah menanti di meja makan ?

Beberapa orang yang mencoba berpikir positif di dalam hidupnya akan menyambut pagi hari dengan semangat tinggi. Mereka bersiap menunjukan eksistensi diri di lingkungan masing-masing dengan segenap kemampuan yang dimiliki. Mereka berpikir tentang apa yang hari ini bisa mereka lakukan, bisa dapatkan, atau bisa ditaklukkan. Mereka juga menyadari hari ini bisa saja mereka akan menemukan kegagalan, kesulitan, kesedihan dalam berbagai cara dan bentuk, namun menyadari juga kalau mempunyai peluang untuk meraih hal yang baik.

Orang-orang yang memiliki semangat tinggi dalam hidup selalu mencoba untuk menempatkan sebuah mindset di otak mereka, bahwa akan selalu ada pembelajaran yang bisa diambil dalam mengalami hambatan. Bagi mereka tidak ada kata gagal, karena yang ada hanyalah sukses atau belajar. Selalu ada alasan untuk meraih hal yang lebih baik lagi jika hari ini mereka sudah mencapai sebuah kesuksesan ataupun kegagalan. Hal seperti ini secara teoritis memang mudah diucapkan, namun kenyataannya memang sulit diimplementasikan. Jika tidak seperti itu, bisa jadi semua orang di dunia akan mengalami kesuksesan dengan mudah tentunya.

Sebagian tipikal orang yang lainnya adalah orang yang kekurangan semangat dalam hidupnya. Mereka bangun di pagi hari dengan pandangan nanar, mata yang berat untuk dibuka, badan yang terasa capek dan pegel-pegel walaupun sebelumnya tidak melakukan aktivitas fisik berat, kepala pusing, perut sakit, banyak keluhan fisik-psikis yang muncul menjadi simptomatis rutin. Fokus dalam mindset mereka adalah beban hidup entah karena masalah, ataupun tanggungjawab yang harus dijalani.

Dengan awal yang kurang baik di pagi hari, maka aktivitas sepanjang hari menjadi berkurang kualitasnya. Visi beraktivitas melenceng menjadi bagaimana agar hari ini cepat berlalu dan segera ke akhir pekan untuk libur.. Faktanya penumpukan perasaan seperti ini justru ketika menjelang hari masuk kerja atau memulai rutinitas alias senin. Tentunya sinnamate atau saya sendiri pernah juga merasakan hal seperti ini,..emm bisa jadi bukan pernah, tapi sering kan ? hehe.
               Gambar 1. Ilustrasi malas mengawali kerja di pagi (sumber gambar)
Di dalam agama, berpikir negatif dan bermalas-malasan tidak menjadi contoh dari suri tauladan kita Nabi Muhammad S.A.W. Rasulullah SAW sebagai uswatun khasanah mengajarkan kita bagaimana dalam aktivitasnya beliau selalu bersemangat menjalani hidup dan mengedepankan pikiran yang positif. Meskipun ditugasi kewajiban menyebarkan Islam kepada umatnya dengan menghadapi banyak hambatan, Beliau tidak melupakan kewajiban di dunianya untuk bekerja dan mencari penghasilan karena harus memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya.

Beliau selalu bersungguh sungguh dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari, sehingga aktivitas yang dilakukannya selalu diusahakan secara maksimal, walaupun belum mengetahui hasil yang didapat akan seperti apa. Entah apakah hasil baik itu langsung datang atau tidak, Rasulullah selalu setia untuk berdoa, berusaha, bersyukur dan bersabar. Rasulullah selalu mencoba untuk menghindari kelemahan hidup, karena kelemahan hidup merupakan sikap yang tidak disukai oleh Alloh. Kelemahan hidup timbul dari kemalasan yang kemudian berkembang kepada kelemahan dalam berbagai aspek seperti lemah ilmu, lemah ekonomi, lemah pribadi yang menjurus pada berbagai kesulitan. Kesulitan yang nyata tentunya adalah kemiskinan, dan kemiskinan itu sangat dekat dengan kekufuran dan kekafiran. 

Saya menulis ini karena saya sedang memotivasi diri untuk mengalami perubahan menjadi lebih baik lagi, yang akan saya mulai dengan perubahan mindset. Acapkali saya merasa tidak terlalu bersemangat ketika menghadapi jalannya sebuah hari karena mengingat beban atau tanggung jawab yang harus dijalani didalamnya. Misalnya ketika ada deadline terhadap suatu hal yang harus saya penuhi, pasti saya akan selalu kepikiran terhadap hal itu dan imbasnya adalah rasa malas menjadi muncul. 

                                         Gambar 2. Deadline (sumber gambar)
Padahal deadline bisa kita asumsikan bukan menjadi beban, namun sebagai target. Ini salah satu ilmu yang baru saya dapat, dan telah membukakan pikiran. Jadi menurut ilmu tersebut, sukses itu mudah asal kita mempunyai beberapa poin kunci, yang salah satunya adalah target yang jelas. Nah deadline ini kan adalah salah satu jenis target yang jelas nih, bukankah semakin mudah kita melihat goal yang akan dicapai ? haha terdengar mudah namun praktiknya butuh power..not only power, but also spirit

Pada akhirnya kita harus mampu mencoba mencari inspirasi dari lingkungan sekitar kita. Kita memang tidak bisa mengharapkan motivasi atau semangat akan terus datang dari orang lain (bahkan bisa jadi sebaliknya), namun kita yang dibekali akal dan rasa tentu harus mulai mencoba memanfaatkan semua sense dalam diri kita untuk menjadi lebih peka. Sangat beruntung bagi seseorang yang tinggal dalam sebuah lingkungan yang positif, misalnya saja keluarga atau rekan yang membuat suasana nyaman dan kompak. Tentu itu bisa menjadi tambahan spirit bagi yang berada di dalamnya.
                  Gambar 3. Rekan kerja yang kompak itu menyenangkan (sumber gambar)
Kesimpulannya... saya ingin diri saya dan sinnamate mampu menembus batas kelemahan yang selalu menghalangi langkah kita, dan berharap menjadi bagian dari kelanjutan orang-orang yang berhasil meraih kesuksesan dengan mindset positif. Saya harap semua yang membaca postingan ini bisa, memulai mencoba untuk hal terebut. Karena tidak ada kata terlambat untuk perbaikan menuju hal yang lebih baik. Kita sepakat ??
                 Gambar 4.  Tiada kata terlambat untuk BERUBAH (sumber gambar)


 Let's make a cheerfull morning everyday,
                    Gambar 5. Menyambut Pagi hari dengan Semangat (sumber gambar)
Best Regards,

sumber gambar

Anonim. Do you need to file. Bridgepc. 2015.http://oldsite.bridgepc.com/fbar-deadline-approaching-do-you-need-to-file/
Anonim. 2009. Berbagai Tipe Rekan Kerja. BPT Sragen.2015. http://bpt.sragenkab.go.id/berita/2009/10okt/15okt09rekankerja.html
Anonim. 2014. Agar Semangat di Pagi Hari, Anda Bisa Coba Ini.Nain Blog. 2015. http://motivasi-pagiku.blogspot.co.id/2014/10/agar-semangat-di-pagi-hari-anda-bisa.html
Anonim.2015. Menuju Arah Perubahan yang lebih baik. suaradewata. 2015. http://www.suaradewata.com/index.php/baca-posting/2677/Menuju-Arah-Perubahan-Yang-Lebih-Baik
Anonim. 2015. Menyikapi Rasa Malas Masuk Kerja Setelah Liburan. tipskhususdewasa blog. 2015. http://tipskhususdewasa.blogspot.co.id/2015/04/menyikapi-rasa-malas-masuk-kerja.html