Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Kamis, 12 Februari 2015

Enemy of Tenchu : Stealth Assasins

Dear Sinnamate
Kali ini saya ingin membahas lanjutan artikel saya sebelumnya yang menceritakan game Tenchu : Stealth Assasins. Saya tertarik membahas tokoh-tokoh antagonis yang dihadapi di Misi-misi yang ada di game. Mari kita mulai dari misi yang pertama :

1. Echigoya
Echigoya adalah seorang pengusaha yang kaya raya, korup dan mempunyai bisnis yang meluas hingga bisnis lintah darat dan judi. Dia menyewa banyak penjaga dan punya banyak bodyguard, termasuk seorang samurai bernama Hanbe Sasaki. Awalnya dia adalah seorang pengusaha yang berada di jalan yang benar, sebelum akhirnya berubah karena berpikir seberapapun kayanya dia, dia tidak akan sekuat dan terhormat seperti samurai. Maka dia menggunakan segala cara agar mempunyai kekuasaan, kehormatan dan kekayaan.
      Echigoya, Bos Level 1
Di Level 1, kita akan menemukannya pertama kali saat dia sedang menggoda wanita (mesum gan). Kali kedua kita menemukannya, dia sedang bersembunyi di gudang penyimpanan hartanya. Echigoya sama sekali tidak memiliki kemampuan bertarung, dan hanya bermodal senjata api. Echigoya sangat menyukai harta, terbukti saat detik-detik kematiannya dia masih sempat meneriakkan "uangku...uangku". Dia dieksekusi karena bisnisnya meresahkan kemaslahatan provinsi Gohda.
                                      Echigoya saat kalah masih sempet manggil uangnya
2. Hanbe Sasaki
Hanbe Sasaki adalah seorang samurai yang menjadi bodyguard-nya Echigoya. Dulu dia adalah samurai yang banyak membunuh orang, termasuk gurunya sendiri yang telah mengasuhnya sejak kecil. Hanbe kemudian menjadi pengembara sebelum akhirnya dipertemukan dengan Echigoya dan menjadi pengawalnya.

Hanbe pertama muncul ketika Echigoya berteriak minta tolong karena kedatangan ninja Azuma. Hanbe kemudian menantang ninja azuma, walaupun ninja azuma sudah memperingatkannya untuk mundur. Namun karena Hanbe merasa sombong dan percaya kepada kemampuan bertarungnya, maka pertarungan terjadi dan tentu dia kalah.
                                                    Hanbe Sasaki, Bodyguard Echigoya
Hanbe mempunyai katana bernama Tachi. Ketrampilannya kelas menengah namun dia memliki serangan diagonal yang dampaknya lumayan berefek buruk pada HP. Kelemahannya adalah dia selalu memasukkan lagi pedangnya ke sarungnya setelah menyerang. Sehingga pergerakan dan pertahanannya jadi lemah karena dia kelamaan harus ngeluarin pedangnya lagi. Disamping itu Hanbe adalah pemabuk yang suka bermain-main dengan gadis-gadis dibandingkan mengasah kemampuannya dalam bertempur.

 3.Goo
Goo adalah Bos misi ke 3. Dia memiliki perawakan yang besar seperti manusia yang hidup di Gua, dan membawa banyak senjata di punggungnya yang bagi saya terlihat useless karena yang dia gunakan adalah hanya satu gada berduri yang dipegangnya saja.
                                                   Goo, Bos level 3 (lihat punggungnya, useless)
Goo di awal kisahnya berhasil menangkap salah satu ninja azuma dan melihat kemampuannya yang mampu menangkap Ninja Azuma, saya berpikir karakter ini berarti cukup tangguh juga. Badannya yang besar membuat serangannya powerfull, apalagi dengan serangan berputar.

Goo selalu ditemani hewan buas yang meruapakan anak buahnya berupa sekawanan serigala atau beruang. Kelemahannya adalah pergerakan dan kecepatannya terbatas walaupun serangannya kuat. Goo menyayangi binatang, dan suka bermain-main segala permainan termasuk melakukan penyiksaan >,<. 

4. Tazzu Akechi
Dia adalah seorang pendekar wanita dan adik dari seorang pendekar bernama Senjuro akechi. Tazzu dan kakaknya adalah bos misi ke 4. Mereka membela seorang penguasa wilayah tetangga yang menjadi musuh pemerintahan Gohda. Tupoksi mereka adalah menjaga pos pemeriksaan di perbatasan.
                                                                Tazu, adik Senjuro akechi.
Dalam misi level 4, dia terlihat sedang berlatih dengan tombaknya di pintu gerbang pos pemeriksaan. Dia kemudian mencegat ninja azuma, menantangnya untuk duel dan akhirnya kalah. Kalau kita menggunakan karakter Rikimaru, maka dialog awalnya adalah kita akan menolak berduel dengan Tazu karena dia seorang perempuan, namun bila kita menggunakan ayame maka dialognya ayame akan merendahkan tazzu untuk mencari pacar dan berhenti bermain dengan senjata ayahnya (jahat banget ayame nyaranin tazzu nyari cowo, kenapa dia ngga ngaca ya? ngapain juga dia malah ngejalanin misi.maklum dia juga sedang move on.).

Rikimaru sangat menyayangkan kematian Tazzu karena harusnya dia bisa hidup sebagai wanita biasa yang berbahagia, bukan sebagai pendekar yang harus mati diujung pedang. Hmm... mungkin Rikimaru awalnya kesengsem juga dengan kecantikan Tazzu hehehe.

5. Senjuro Akechi
Senjuro Akechi adalah seorang pendekar yang hebat dan kakak dari Tazzu. Mereka berdua memihak pada pemerintahan yang bersaing dengan provinsi Gohda. Senjuro adalah seorang master pedang aliran Myojinsoga, yaitu sebuah aliran yang menggunakan 2 bilah pedang pada kedua tangan secara bersamaan untuk bertempur.

Senjuro ini adalah salah satu bos di misi ke 4.. Rikimaru mengakui Senjuro sebagai pendekar yang tangguh, gentleman dan penuh kehormatan sampai sempat menolak bertarung dengannya karena dia tidak ingin melukainya. Senjuro juga sama menghormati Ninja Azum, namun dia tetap ingin bertarung untuk menyelesaikan segalanya secara terhormat. 
                                                              Senjuro Akechi, Bos level 4                              
Pertempuran pun berlangsung dan teknik myojinsoga ternyata tidak cukup mampu mengalahkan kemampuan ninja azuma. Dalam luka-lukanya Senjuro menyampaikan kalau dia bangga dikalahkan oleh pendekar terampil seperti Rikimaru. Begitu juga Rikimaru yang menyesal kenapa bertemu senjuro sebagai musuh, bukan sebagai sekutu. 

Berbeda jika kita menggunakan karakter Ayame, maka pembicaraan awal dengan senjuro lebih "panas" karena Ayame lebih sinis kepada Senjuro. Walaupun begitu setelah pertempuran berakhir, Ayame sedikit tidak percaya bisa mengalahkan Senjuro karena dia pun sebenarnya mengakui kemampuan Senjuro sebagai seorang pendekar yang hebat dan sulit dikalahkan

6. Minister Kataoka
Minister atau bahasa indo-nya menteri kataoka adalah menteri keuangannya pemerintahan Gohda. Walau begitu dia terindikasi melakukan praktek korup dan suap dengan menggunakan kekuasannya dan pengaruhnya sebagai menantu Tuan Sekiya, tangan kanan Lord Gohda. Kataoka dicurigai oleh Lord Gohda, dan diputuskan untuk dieksekusi demi kemaslahatan negara.

Kataoka menerima suap dari pengusaha untuk proyek konstruksi dan sempat berpesan pada pengusaha yang menyuapnya yang bernama Bizenya agar berhati-hati agar tidak bernasib sama dengan Echigoya. Dari skill bertarung, dia adalah seorang pemanah handal yang bisa melepaskan anak panah dengan kecepatan kilat. Jika kita menggunakan karakter Rikimaru, maka kita tidak akan bertarung dengannya, namun akan menemukannya sedang terdiam (yang ujungnya ternyata mau bunuh diri). 
                                                            Menteri Kataoka, Bos level 5 
Kataoka mengaku pada Rikimaru kalau dia tidak menyangka perbuatan dan penghianatannya diketahui oleh Lord gohda. Rikimaru memberi kesempatan Kataoka untuk  menebus tindakan memalukan itu dengan cara bunuh diri. Kataoka menerima saran Rikimaru dan memintanya menjadi saksi untuk disampaikan kepada Lord Gohda akan kematiannya. Kataoka bunuh diri dengan menusukan belati ke perutnya. Rikimaru kemudian mendekati jasad sang menteri, memenggal kepalanya, lalu mendoakan dan mengabarkan kepada Lord Gohda.

Beda cerita kalau kita menggunakan  karakter Ayame. Kita akan berduel dengan Menteri Kataoka (duh ni cewe bawaannya bikin emosi orang kali ya).Kataoka meskipun mengakui kesalahannya kepada Ayame, tapi dia juga tidak terima kalau si cewek berbicara dan berlaku kurang ajar kepadanya (secara dia Menteri, dan dia cowok) sehingga dia mengajak duel. Tapi apa daya seorang birokrat bertarung dengan pendekar tentu tetap kalah juga. Menteri Kataoka adalah salah satu bos dari misi ke 5.

7. Hikone
Hikone adalah bodyguard menteri kataoka. Seperti misi pertama, sebelum bisa menemukan sang Menteri dalam misi kita harus menemukan bodyguard nya lebih dulu di suatu sudut rumah Kataoka yaitu deket sumur (ngga tau dia lagi ngapain diem deket sumur, mungkin mau nyemplung kali atau lagi nyuci hehehe) dengan misi untuk menanyai dimana sang menteri bersembunyi..
                                                        Hikone, Bodyguard Menteri Kataoka 
Hikone bersenjatakan katana, dan dia adalah pendekar yang cukup terampil menggunakan katana nya sehingga dengan percaya diri selalu berkeliling kompleks rumah sang Menteri untuk melakukan penjagaan. Walaupun dia suka makan dan minum sehingga badannya sedikit gemuk, tapi dia bergerak cukup lincah dan bertenaga jika kita duel dengannya. Dia sedikit pengecut dan ketika kalah duel dia lebih memilih menyerah dan memohon belas kasihan pada musuh daripada mati sebagai pembela tuannya.

Sebelum dia diintrograsi lebih banyak oleh Ninja Azuma, dia dibunuh dengan dipanah dari belakang oleh seseorang misterius yang tidak ketahuan identitasnya. Semakin misterius karena hanya terdengar suara orang tertawa. Tapi dari panahnya yang berwarna kuning kemungkinan yang nmengeksekusi si Hikone adalah si Menteri Kataoka itu sendiri

8. On Andon
On Andon adalah seorang perempuan pemimpin sekte sesat bernama Manji cult. Dia memiliki sebuah batu mistis yang dicurinya dan disimpan di perutnya. Batu tersebut memiliki kekuatan sihir karena didalamnya terperangkap roh jahat, sehingga dengan kekuatan tersebut, On dapat mengendalikan pikiran dan mengubah tubuh manusia menjadi menyeramkan, suka menari, bernapas api dan menjadi zombie.
                                   On Andon, Bos level 6 (Sempet ngira dia itu lagi hamil hehe)
Dia membangun kuil untuk sektenya dan sebagai basis kekuatan untuk membangun kekuatan pasukan zombie dalam rangka melayani Mei-Oh untuk melawan dan menguasai pemerintahan Lord Gohda. Badan On besar dan senjatanya adalah kipas yang juga tidak kalah besar. On adalah bos dari misi ke enam. 

9. Captain Balma
Kapten Balma adalah seorang pemimpin bajak laut latin, yang kapalnya mengancam penduduk desa pesisir di provinsi Gohda. Bajak laut balma diduga terlibat terhadap bisnis penyelundupan barang ilegal. Pada waktu itu pemerintahan Gohda membuka perdagangan dengan dunia luar termasuk melalui jalur laut, sehingga pelaut dari luar negeri bisa berbisnis sampai ke Jepang. Namun hal tersebut disalah gunakan oleh Balma untuk melakukan bisnis ilegal dan mengganggu keamanan masyarakat pesisir.
                                                              Kapten Balma, Bos level 7
Para kru bajak laut balma bersenjata api, berbadan besar dan bersikap kasar kepada penduduk. Balma berbadan besar dan bersenjataan cutlet dan pedang. Dia cukup tangguh dan mengawasi pergerakan anak buahnya di atas kapalnya yang memiliki meriam besar. Dia adalah bos misi ke 7.

 10. Onikage
Akhirnya membahas juga ikon antagonis di tenchu Series ini. Onikage di Tenchu: Stealth Assasins adalah tangan kanan Lord Mei-Oh. Dia menjadi pelayan setia sang bos, dan menebar ancaman serta tantangan pada pemerintahan Gohda dan para ninja Azuma.

Masa lalunya sebenarnya adalah seorang pendekar bernama Suzaku, yang dikisahkan pernah melawan Rikimaru. Hanya saja Rikimaru tidak sadar kalau Suzaku itu sebenarnya adalah orang yang sama dengan onikage. Nama onikage berasal dari nama Oni (Demon : Iblis) dan kage (Shadow :bayangan).
          Onikage, pelayan Lord Mei-Oh Bos Level 9 (susah memastikan dia benar-benar mati)
Dia memiliki kemampuan bela diri seperti taekwondo, dengan kekuatan pukulan, tendangan dan pergerakan yang gesit. Dia juga memiliki kekuatan Resurrection atau bangkit kembali dari kematian. Buktinya di misi ke 9, dia sebenarnya sudah kalah dan berdarah-darah namun di level 10 dia masih hidup dalam kondisi segar bugar. Kemunculan pertamanya di misi ke 3, namun kita bisa melawannya di misi ke 6,9 dan 10. 

11. Lord Mei Oh
Lord Mei Oh adalah final boss atau musuh utama dalam game Tenchu : Stealth Assasins. Dia adalah seorang raja iblis yang berasal dari neraka. Dia berniat untuk menguasai dunia ini, dan ingin juga menguasai neraka. Sehingga dia menginginkan adanya sebuah portal yang menghubungkan dunia dan neraka sehingga ia bisa keluar masuk untuk menguasai kedua tempat tesebut.
                                    Lord Mei-Oh, Final boss Tenchu : Stealth Assasins
 Bawahannya yang paling setia, yaitu Onikage mempersiapkan keberadaan portal tersebut, dan juga menebar ancaman kepada pemerintahan gohda. Lord Mei Oh memiliki pedang mistis yang bernama sichisito, pedang yang besar dan mampu mengeluarkan petir atau listrik. Mei Oh juga mampu melakukan teleport meskipun dalam jarak pendek.
                                            . Mei Oh beserta portal dan pedang Sichisitonya

Demikian tambahan referensi terkait bos di misi-misi Tenchu : Stealth Assasins. Terima kasih

Best Regards

Reference
Anonim. 2014. Tenchu : Stealth Assasins. Tenchu 2014. Tenchu Wikia. http://tenchu.wikia.com/wiki/Tenchu:_Stealth_Assassins
The Blue Swordman. 2011. Stealth Assasins : Characters. 2014. Selenia & Chris : Tenchu Checkpoint. http://tenchu.de/Stealth Assasins : Characters category/stealth-assassins/characters