Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 27 Februari 2015

Someday ...

Dear All,
Pernah nonton film Crazy Little Thing Called Love ?, atau di judul lainnya adalah First Love ?. Film ini adalah film komedi romantis dari Thailand, yang mengisahkan kisah seorang siswi bernama Nam yang jatuh cinta pada kakak kelasnya bernama Shone. Nah, si Nam ini awalnya berpenampilan jelek, namun karena dia berusaha menarik perhatian shone maka segala cara dilakukan mulai dari merubah penampilan, belajar hingga menjadi siswi yang pintar, dan ikut berbagai kegiatan sekolah.
                          Gambar 1. Poster Film Crazy Litlle Thing Called Love

       Gambar 2. Nam, dengan metamorfosisnya dari cupu menjadi cuantik hehe

                      Gambar 3. Shone, Tokoh idola Nam (kok kaya gue ya ? wkwk)
Di akhir kisah, meskipun cinta Nam sempat bertepuk sebelah tangan sehingga membuat dia menyerah dan memutuskan pergi menjauh namun ternyata sejak awal Shone juga telah menyukai Nam bahkan sejak Nam masih "jelek". Hal tersebut dibuktikan dengan Shone membuat Album foto yang berisi foto-foto Nam yang diambil secara diam-diam saat berbagai momen.
                           Gambar 4. Album Foto Nam hasil candid nya Shone
Kali ini saya bukan mau membahas film nya, karena film ini cukup bagus dan menarik untuk ditonton, meskipun sangat "remaja" (nonton ini berasa muda kembali) sehingga pasti banyak yang sudah mereview atau bahkan menyajikan sinopsisnya. Tapi yang akan saya soroti adalah saat adegan Shone membuka Album photo yang dia buat diam-diam dan berencana memberikannya (diam-diam juga) pada Nam. Di adegan tersebut ada backsound lagu yang nadanya enak didenger menurut seleraku. Saya mempunyai selera musik lagu yang memiliki nada yang "easy listening versi gue" ditelinga, baru turun ke lirik. Saya tidak membeda-bedakan genre musik, entah itu bisa saja dari pop, heavy metal atau dangdut koplo asal enak saya akan menyukainya. Saya tidak terlalu mempermasalahkan kalau telinga saya adalah "telinga orang awam penggemar lagu easy listening". Biasanya genre paling banyak menyumbangkan lagu yang enak buat didengerin si biasanya pop, J-pop or Rocks dan ballad (apalagi ballad nya k-pop).

Kembali ke lagu backsound tadi, Setelah saya cari-cari judulnya adalah Someday yang dinyanyikan oleh Maria Sukosol. Di adegan tersebut memang tidak full satu lagu diperdengarkan, namun setelah download dan saya dengarkan sampai selesai, saya malah tambah suka sama nadanya. Bicara soal lirik, saya sama sekali ngga ngerti bahasa Thailand. Sedikit aneh mungkin kalau saya nyoba nyanyiin lagu ini (kalau nyanyi sendiri aja dengernya aneh, apalagi nyanyiin di depan orang lain).
                               Gambar 5. Maria Sukosol, singer lagu ini
Saya sempet pasang status BBM lagi dengerin lagu ini, dan ternyata ada teman yang minta lagu ini karena penasaran, tapi kemudian saya beri tahu kalau ini lagu bahasanya thailand maka dia batal minta hahaha (karena dia ngga ngerti liriknya apaan). So saya coba hunting lirik dan translate-nya seperti dibawah ini
(Thai version)
Mai roo waa naan kae nai tee chun dtong ton gup took sing.
Bit bung kwaam jing nai jai took took yaang.
Took krung tee rao pop gun took krung tee ter hun maa.
Tee chun cher-ee roo mai chun feun kae nai.

Reff:
Dai yin mai hua jai chun mun gum-lung bork ruk ruk ter yoo.
Dtae chun mai art ja bert pia jai ork bai hai krai dai roo.
Dai yin mai hua jai chun yung koi yoo dtrong nun.
Ror hai ter bert doo lae wung piang kae ter roo suk wun neung

Tung tee chun gor ruk tung tee chun gor roo
Seuk dtae suan leuk kaang nai yung mai glaa. 
Ook krung tee rao pop gun took krung tee ter hun maa
Ee chun cher-ee roo mai chun feun kae nai.

(Back to Reff)

Dai yin mai hua jai chun mun gum-lung bork ruk ruk ter yoo.
Dtae chun mai art ja bert pia jai ork bai hai krai dai roo. 
Dai yin mai hua jai chun yung koi yoo dtrong nun.
Ror hai ter bert doo...

Lae wung piang ter ja roo  
Waa kon kon nee ruk ter yoo
Yung kor hai ter roo
Suk wun neung..

(English Version)
I don't know how much longer, That i have to put up with everything
I've been hiding all the truth inside my heart
Everytime we meet, Everytime you turn to face me
Though I look in different, Do you know how much i have to force myself?

Reff:
Can you hear my heart calling for you, loving you? 
But I can't release my heart out for anyone to know. 
Can't you hear my heart's waiting there for you. Waiting for you to open it. 
I was hoping that you will realize someday.

Though i love you, Though i feel
But deep down inside, i don't dare to tell you
Everytime we meet, Everytime you turn to face me
Though I look in different, Do you know how much i have to force myself?

(Back to Reff)

Can you hear my heart calling for you, loving you? 
But I can't release my heart out for anyone to know 
Can't you hear my heart's waiting there for you.. 

Waiting for you to feel it... 
I was hoping that you will realize...That this woman still loves you
Anyway, Someday, You will know..

(Indonesia Version)
Tidak tau berapa lama itu bahwa aku harus menolak segala sesuatu
Menyembunyikan semua kebenaran di hatiku 
Setiap kali kita bertemu, setiap kau memandangku 
Aku hanya berpura-pura bertahan. Taukah kau betapa aku menahan diriku

Reff:
Dapatkah kau dengar itu? hatiku... memberitahumu bahwa aku mencintaimu 
Tetapi aku tidak bisa mengungkapkan perasaanku yang sebenarnya 
Bisakah kau dengar itu ? hatiku... menunuggu kau membukanya
Hanya dapat berharap kau akan mengetahuinya suatu hari nanti

Meskipun aku mencintaimu, walaupun aku merasakannya
Jauh di dalam hatiku, aku tidak cukup berani mengatakannya
Setiap kali kita bertemu, setiap  kau memandangku
Aku hanya pura pura bertahan, Taukah kau betapa aku menahan diriku.

(Back to Reff)

Dapatkah kau dengar itu? Hatiku... memberitahumu bahwa aku mencintaimu
Tetapi aku tidak bisa mengungkapkan perasaanku yang sebenarnya
Bisakah kau dengar itu? Hatiku... masih menunggumu untuk membukanya

Hanya dapat berharap kau akan mengetahuinya
Bahwa aku disini untuk mencintaimu
Aku memohon agar kau mengetahuinya... suatu saat nanti.

Beginilah kurang lebih lirik dan terjemahannya, jika  dihayati mungkin banyak juga yang pernah merasakan perasaan di lirik lagu tersebut, termasuk saya. Ketika menaruh perasaan terhadap seseorang, namun sulit untuk menyatakannya maka segalanya terkadang tidak menjadi lebih baik. Setiap hari hanya merasakan suatu hal yang menyiksa, berharap tapi tak berani. Sampai akhirnya ketika yang diharapkan menjauh dan terpisah baru kita kemudian menyesali.

Dalam film ini Shone terlihat sebagai orang yang dikejar-kejar oleh Nam, padahal sebenarnya dia juga punya perasaan yang suka kepada Nam. Namun Shone kesulitan untuk menyatakan perasaannya (tidak berani) dan baru menyesal setelah endingnya mereka harus berpisah (Nam pergi ke Amerika). Walaupun akhirnya Nam balik lagi dan ketemu Shone yang masih menunggunya (Happy Ending).

Tapi itu adalah alur cerita Film yang bisa saja di setting happy ending, lalu bagaimana dengan kehidupan nyata ? Pasti kebanyakan orang pernah mengalami hal ini. Yang bisa dilakukan adalah percaya dan berdoa kepada Tuhan jika masih meyakini si "dia" akan kembali jika terlanjur terpisah. Jika berniat untuk Move On ya harus bangkit dan membuka diri terhadap yang lain (meskipun teorinya tak semudah faktanya).

Saya sendiri percaya, dan saya pernah berada dalam posisi seperti Shone dan benar benar seperti Shone. Selain kegantengannya yang sama (hehehe dilempar batu kerikil se dunia maya hihihi), saya pernah berada di posisi yang sama ketika banyak orang mengira seseorang mengejar justru saya juga punya perasaan yang sama dan sampai akhir kami berpisah dan sampai akhir sulit untuk mengungkapkannya. Alhasil saya sendiri lah yang merasakan "sakitnya tuh disini"... dan saya cuma bisa mengenang memori dan berbagai kenangan yang pernah kami lewatkan bersama sendiri.

Dan pada akhirnya lagu ini ternyata mempunyai lirik yang mewakili perasaan, sehingga tambah addicted. Mungkin beberapa orang setelah mendengar lagu ini akan bilang "ahh lu alay" atau "lu lebay ahh ababil mellow", but who's care... whatever you said... setiap orang punya selera masing-masing yang sebenarnya tak perlu diperdebatkan.

Yang mau lagunya cek disini
Yang mau videonya pas Shone buka album photo cek disini


Hanya dapat berharap kau akan mengetahuinya 
bahwa aku di sini untuk mencintaimu
Aku memohon agar kau mengetahuinya suatu hari nanti

Best Regards,