Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Kamis, 14 Januari 2016

Mengenal K3 di Rumah Sakit

Dear All,
K3 adalah sebuah istilah yang perlu diketahui oleh banyak orang di tempat kerjanya, termasuk juga jika bekerja di rumah sakit. Walaupun K3 itu identik dengan aspek pekerjaan di pabrik, namun ternyata di tempat seperti rumah sakit atau bahkan tempat manapun, aspek ini menjadi penting untuk diperhatikan dan dipahami oleh seluruh aspek manusia yang ada di dalamnya dari pucuk pimpinan sampai bawahan. Mari saya ajak kenalan mengenai K3 ini, terutama jika bekerja di rumah sakit.

Definisi
K3 kepanjangannya adalah Kesehatan Kerja, Kebakaran dan Kewaspadaan Bencana.

Manfaat K3
Manfaat utama dari K3 adalah berhubungan dengan Keselamatan dan Kesehatan. Jika Bekerja di Rumah sakit, tentu aspek yang diselamatkan sebagai prioritas adalah
-Kesehatan dan Keselamatan Pasien dan Pengunjung
-Kesehatan dan Keselematan Tenaga Kesehatan
-Keselamatan Bangunan dan Lingkungan Rumah Sakit

Contoh Kegiatan K3 di Rumah Sakit
Beberapa contoh Kegiatan K3 di rumah sakit adalah :
1. Mengetahui dan Menempatkan Simbol-simbol K3 di tempat yang tepat. Beberapa simbol dikenal sebagai simbol yang berhubungan dengan aspek K3, seperti simbol tengkorak untuk bahan beracun, simbol kipas untuk menandakan bahaya radiasi, tanda-tanda seperti awas jalan licin, jika terjadi hujan yang menyebabkan jalan basah dan sebagainya.
2. Menggunakan APD (Alat Perlindungan Diri) di saat yang tepat. Misalnya ketika akan kontak dengan pasien, atau masuk ke daerah pasien dengan penyakit menular atau kerja aseptis harus menggunakan APD tepat. APD bisa terdiri dari masker dan sarung tangan saja, ada juga yang full suit misal untuk kerja aseptis atau handling sitostatika.
3. Menghindari tindakan-tindakan yang berpotensi bahaya seperti Berdiri di dekat benda yang ditumpuk tinggi, bekerja di pencahayaan yang sedikit, mengangkat barang dengan posisi membungkuk, atau bercanda saat sedang memegang jarum suntik
4. Memahami penggunaan APAR (). Cara menggunakan APAR adalah dengaAlat Pemadam Api Ringan, not Alat Pemadam Kebakaran yaa >,<n menggunakan teknik TATA, yaitu :
a. T : Tarik ==> Tarik Kunci Pengaman dari APAR
b. A : Arahkan ==> Arahkan ke dasar api, jangan lupa yang dipegang adalah daerah di dekat ujung  
   noozle
c. T : Tekan ==> Tekan gagang untuk mengeluarkan isi APAR
d. A : Ayunkan ==> Ayunkan searah gerakan angin, tujuannya adalah agar arah api dan isi APAR tidak mengenai kita jika kita searah gerakan angin
5 Mengetahui Pintu darurat, jalur evakuasi, atau titik kumpul jika ada bencana

K3 sangat penting untuk diaplikasikan dalam lingkungan kerja. Bahkan sering kali untuk meningkatkan pemamahaman praktis dari kegiatan ini, sering dilakukan simulasi dalam pelaksanannya, terutama ketika kasus kebakaran. 
Semoga Bermanfaat
Best Regards,