Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Rabu, 11 November 2015

Belum Tidur...

Dear All,
Ahh saya masih belum mengantuk, padahal besok masuk pagi dan kalau hari kamis biasanya pasien membludak. Ini karena kombinasi ketiduran di sore hari plus efek kopi susu tadi bada isya. Tetiba saya ingin membahas salah satu cabang ilmu yang menarik perhatian saya di farmasi, yatu Farmakoterapi.

Farmakoterapi adalah cabang ilmu farmasi yang mempelajari penggunaan obat untuk terapi penyakit dengan menyesuaikan pada  kondisi pasien. Jadi Farmasis mempelajari tentang penyakit dan segala tentangnya (mulai definisi penyakit, patofisiologi, etiologi, diagnosis (termasuk data penunjang), tanda dan gejala, faktor resiko) dan terapinya (terapi non farmakologi, terapi farmakologi, manajemen pengobatan).

Farmasis wajib memahami Farmakoterapi, karena Apoteker harus mewujudkan pengobatan kepada pasien yang rasional, artinya pengobatan yang sesuai dengan yang dibutuhkan pasien. Apoteker harus mampu memecahkan masalah yang terkait dengan pengobatan (drug related problems) yang salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan farmakoterapi ini.

Farmakoterapi bagi saya adalah seperti oase bagi kehidupan kuliah farmasi yang penuh dengan kimia. Karena saya mempelajari penyakit dan apa obatnya. Saya diajari berpikir untuk memilah obat mana yang tepat untuk penyakit dalam kondisi tertentu. Bukankah saya dulu bercita-cita ingin menjadi dokter karena ingin tahu obat untuk penyakit ? Alloh justru mengarahkan jalan saya bukan ke kedokteran, tapi farmasi...tempat dimana ada farmakoterapi berada.

Ternyata Farmakoterapi ini ada praktikumnya !, bahkan sampai 4 kali dalam 2 tahun. Setiap hari belajar mengenai kasus-kasus, dan bagi saya ini asyik sekali. Saya suka sekali telusur referensi, menganalisa kasus, berusaha menemukan solusi terapi dari diagnosa yang tegak dan data subyektif/obyektif pasien. well, saya akui ilmu farmakoterapi begitu luas...dan saya mungkin baru seujung kuku.

Saya gembira belajar farmakoterapi, dan saya ingin membuktikan pada diri saya sendiri bahwa... farmakoterapi juga merupakan salah satu gairah saya yang akan saya kembangkan mulai hari ini.
Best Regards,