Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 11 September 2015

Bagaimana karakter yang elegan ?

Dear All, 
Sering kali banyak orang merasa terkagum-kagum, terpana, dan takjub melihat sesuatu yang mereka sebut elegan. Sebenarnya elegan itu apa sih ?. Elegan menurut opini saya adalah sebuah kesatuan dari penampilan dan sikap yang mewujudkan sebuah karakter yang karismatik dan menimbulkan kesan kewibawaan. Selain itu terpancar juga kebaikan dan keunggulan dari karakter tersebut yang sejatinya menimbulkan silau pada pandangan orang lain.
Unsur pertama adalah penampilan. Siapa yang akan interest melihat penampilan fisik yang kotor, dekil, tidak rapi, bahkan ditambahi aroma yang tidak sedap ?... Bagaimanapun rupa fisik wajah seseorang dengan penampilan yang baik, bersih, wangi dan rapi tentu akan menimbulkan citra diri yang positif. Penampilan yang baik, memberikan penilaian dari orang lain bahwa orang itu sadar akan apa yang baik pada dirinya dan memperhatikan kesehatan diri. Jika diri saja diperhatikan dengan seksama, apalagi orang lain ?. Penampilan yang baik bukan berarti menggunakan mode fashion yang berlebihan, terlalu mencolok atau terlalu glamour. Bukankah sehari-hari kita bisa lihat seseorang bisa terlihat tampan atau cantik dengan tampilan rapi yang sederhana ?

Unsur kedua adalah sikap dan kepribadian, dan ini yang sangat mempengaruhi eleganitas dari sebuah karakter. Unsur kedua ini sangat mudah membuat unsur pertama menjadi hampir-hampir tidak bernilai. Siapa yang suka melihat seorang wanita modis cantik sedang marah-marah dan menghina orang tua atau orang miskin ? bisa jadi banyak yang malah menghujat si wanita itu. Atau siapa yang akan tertarik melihat seseorang berpenampilan bak model, tapi memiliki kelakuan yang menyebalkan, atau sombong ? tentu tidak ada yang tertarik. Menjaga perilaku untuk tidak berlebihan, terutama dalam melakukan atau menanggapi sesuatu adalah bentuk sikap elegan. 

Elegan itu adalah mengupayakan yang terbaik, namun tidak berlebihan. Memantaskan diri untuk menjadi high class tapi tidak ngoyo. Jujur, kebanyakan saya melihat adanya elegan itu lebih banyak pada sikap dari pada tampilan. Berulang kali saya melihat banyak karakter yang elegan, walaupun dia bukan pada posisi Top Man, atau leader. Itu yang membuat saya mengerti bahwa ternyata setiap orang bisa memiliki sisi eleganitas tanpa harus menduduki jabatan, kekuasaan atau kekayaan. Cukup berbuat baik apa adanya, dan tampil baik
Best Regards,