Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Senin, 14 September 2015

Konsep 5 R dalam bekerja

Dear All,
Pada postingan sebelumnya, saya pernah menyebutkan kalau project pertama saya adalah selalu berhubungan dengan labelling yang merupakan salah satu implementasi dari konsep 5R, tetapi apa sebearnya 5R sendiri ? mari kita berbagi konsep sederhananya...
5R singkatan dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Konsep ini ditemukan di Jepang, dengan istilah 5S yang merupakan singkatan dari Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke. 5S atau 5R ini dikenal sebagai konsep yang meningkatkan mutu, mempermudah pelaksanaan tindakan, dan mengurangi penggunaan sumber daya yang boros. 5S memang tidak memberikan dampak yang cepat dan langsung, tapi jika kontinyuitasnya dijaga, maka kualitas pekerjaan akan terus meningkat. Itulah mengapa 5R ini walaupun konsepnya sederhana dan mudah dimengerti, tapi ternyata implementasinya tidak semudah yang dibayangkan. Selanjutnya mari kita bahas sat per satu

1. Ringkas / Seiri
Definisi : Seiri artinya adalah seleksi atau mengatur segala sesuatu, atau memilah berdasarkan aturan atau prinsip tertentu. Bila didefinisikan sebagai Ringkas, maka artinya menjadi memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja. 
Tujuannya : Mengetahui benda mana yang tidak digunakan, mana harus disimpan, serta bagaimana cara menyimpan benda tersebut supaya dapat mudah diakses 
Cara melakukannya : mendata berbagai jenis barang yang dimiliki, menggolongkan sesuai dengan jenis dan kegunaannya, memberi tanda untuk barang-barang tertentu, membuat pemilahanmana barang yang tidak terpakai dan mana yang masih bisa disimpan. kemudian menempatkan barang pada tempat yang semestinya, atau sesuai dengan penggolongan jenis benda agar mudah mengidentifikasinya. Ini disebut dengan manajemen stratifikasi

2. Rapi 
Definisi : Seiton artinya adalah rapi. Rapi adalah menempatkan barang pada tempat yang sesuai dan dalam tata letak yang benar sehingga memudahkan pencarian, menjamin kemanan dan mendukung estetika (tidak berantakan).
Tujuannya : Menjamin keamanan, serta menghilangkan waktu yang lama karena kesulitan mencari barang.
Cara melakukannya : Kelompokan barang sesuai jenisnya, letakan barang sesuai kelompoknya, buat penanda yang jelas membedakan jenis barang yang satu dengan yang lain. Akan lebih baik kalau dibuat tanda pengenal yang membedakan kelompok barang yang satu dengan barang yang lain (misal dengan warna label yang berbeda), jika perlu buat denah ruang penyimpanan.

3. Resik
Definisi : Definisi dari Seiso artinya menghilangkan kotoran dan sampah untuk mewujudkan tempat kerja yang lebih bersih. Hal ini sama saja dengan pengertian resik, yatu melakukan pembersihan tempat, peralatan maupun pakaian kerja yang digunakan.
Tujuan : mampu menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan nyaman
Cara melakukan : Sediakan sarana untuk alat kebersihan, buat jadwal teratur dan personil pembersihan kemudian kontinyu melakukan pembersihan dan didokumentasikan dalam log book pembersihan.

4. Rawat
Definisi : Definisi dari seiketsu adalah memelihara barang agar teratur, rapi, bersih dan bila dihubungkan dengan definisi rawat adalah menjaga agar hasil dari proses ringkas, rapi dan resik tetap continue dijalankan.
Tujuannya : mempertahankan agar barang terjaga dalam kondisi terarut, rapi dan bersih secara berkelanjutan
Cara melakukannya : Menentukan standar kualitas dan parameter penyimpangan, melakukan jadwal dan implementasi supervisi, melakukan audit atau pemantauan secara berkala
5. Rajin
Definisi : Shitsuke artinya adalah melakukan sesuatu yang benar sebagai kebiasaan. Bila diimplementasikan dalam istilah rajin maka definisnya adalah terciptanya kebiasaan pribadi tiap personel untuk menjaga dan meningkatkan kualitas. Rajn adalh terkait dengan pengelolaan pekerjaan dan sumber daya dan manjemen pencapaian targer.
Tujuannya : membangun kebiasan dari tiap personel untuk bekerja teratur, efektif dan efisien dalam mencapai target
Cara melakukannya : mencanangkan target yang harus dicapai bersama, saling memberikan teladan, melakukan training-training dan memberi kesempatan tiap personel untuk berkembang.
Demikian sedikit sharing tentang konsep 5R, semoga bermanfaat...
Best Regards,