Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Minggu, 06 September 2015

Apa itu Star Pharmacist ?

Dear All,
Saat saya kuliah farmasi, saya pertama dengar ada sebuah istilah bernama star pharmacist. Dulu ada 7 sehingga lebih dikenal dengan nama seven star pharmacist. Tapi dengar lagi di lain kesempatan, jumlah star nya nambah jadi 8,...eh dengar lagi jadi 9 (kok nambah terus ?), so apa sebenarnya bintang-bintang itu ? apakah sebuah simbol ?lambang ? pangkat ? atau apa?

Sebenarnya star pharmacist adalah sebuah istilah yang menggambarkan peran-peran yang harus mampu dijalankan oleh profesi Apoteker atau farmasis dalam menjalankan pekerjaan keprofesiannya. Konsep peran ini sudah diperkenalkan oleh WHO sejak tahun 1997 DISINI. Jadi bukan sesuatu yang baru lagi sebenarnya. Di WHO sendiri, yang merupakan basic, hanya 7 stars, sedangkan stars yang lain adalah tambahan seiring berkembangnya zaman. Apa saja stars nya ? check this out

1.Care Giver
Apoteker sebagai care giver artinya Apoteker mampu berperan sebagai penyedia layanan kesehatan, apakah itu pelayanan klinis, analitik, teknologi maupun menyediakan pengaturan dalam bentuk peraturan. apoteker harus mampu dan tidak canggung berinteraksi dengan individu dan masyarakat. Apoteker harus melihat praktiknya sebagai sebuah praktek yang terpadu dan berkesinambungan dengan orang lain dalam sistem pelayanan kesehatan atau dengan sesama apoteker lainnya. Sehingga pelayanan yang diberikan menimbulkan kualitas yang terbaik.

2. Decision maker
Apoteker sebagai decision maker artinya Apoteker mampu mengusahakan pekerjaannya agar berdasar kepada pekerjaan yang memiliki ketepatan, tingkat efikasi yang baik, serta memiliki biaya yang efektif dan efisien terhadap seluruh penggunaan sumber daya dalam pekerjaanya seperti misalnya SDM, obat, bahan kimia, peralatan, prosedur, pelayanan, dll. Untuk mencapai tujuan tersebut kemampuan dan ketrampilan farmasis perlu diukur untuk kemudian hasilnya dijadikan dasar dalam penentuan pendidikan dan pelatihan yang diperlukan.

3. Communicator
Apoteker sebagai communicator artinya Apoteker mampu memiliki komunikasi yang baik. Hal ini karena Apoteker mempunyai posisi yang strategis, yaitu diantara dokter dan pasien. Selain itu Apoteker juga berinteraksi dengan sesama atau profesional kesehatan yang lain dan juga pihak pihak yang berkaitan dengan dunia farmasi. Apoteker diharapkan memiliki ketrampilan komunikasi meliputi komunikasi verbal, nonverbal, mendengar dan kemampuan menulis dengan menggunakan bahasa sesuai dengan kebutuhan.Tentunya kemampuan berkomunikasi itu didukung dengan memiliki pengetahuan yang cukup dan rasa percaya diri.

4.Leader
Apoteker sebagai Leader artinya Apoteker mampu menjadi pemimpin, termasuk memimpin tim yang beranggotakan multidisiplin ilmu atau dalam kondisi dimana terjadi keterbatasan para penyedia layanan kesehatan yang lain. Apoteker diharapkan menjadi leader yang memiliki kasih sayang dan empati, serta mampu mengambil keputusan, berkomunikasi dan mengelola secara efektif demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan.

5. Manager
Apoteker sebagai Manager artinya Apoteker mampu mengelolas secara efektif sumber daya (manusia, fisik, anggaran) dan informasi, serta harus memposisikan diri untuk dipimpin dan memimpin orang lain dalam kesatuan tim pelayanan kesehatan. poteker diharapkan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi sebagai relevansi update dari segala informasi yang berhubungan dengan obat dan produk kesehatan.

6. Life-long learner
Apoteker sebagai life long learner artinya Apoteker harus mampu dan mau untuk belajar sumur hidup. Menyadari tidak selamanya akan mendapat pendidikan dai bangku kuliah, maka Apoteker harus mengupdate keilmuannya dari sejak masuk pendidikan farmasi sampai ketika sudah berkarir dalam pekerjaan. Apoteker diharapkan memiliki keilmuan yang update dan juga belajar bagaimana cara belajar yang efektif .

7. Teacher
Apoteker sebagai Teacher artinya Apoteker mampu mendidik dan melatih Apoteker generasi mendatang. Apoteker mempunyai tanggung jawab untuk mendidik generasi penerusnya. Apoteker diharapkan tidak hanya sekedar membagi ilmu pengetahuan, tetapi juga memberikan kesempatan generasi baru untuk memperolah pengalaman dan peningkatan ketrampilan.

Demikian star pharmacist versi WHO yang ada 7. Sekarang katanya ada tambahan 2 stars lagi yaitu :
8. Researcher
Apoteker sebagai Researcher artinya Apoteker mampu dan mau untuk mengembangkan keilmuannya dengan cara melakukan penelitian, baik itu mengembangkan yang sudah ada atau menemukan sesuatu yang baru.
9. Entrepreneur
Apoteker sebagai Entrepeneur artinya Apoteker mampu untuk memiliki jiwa kewirausahaan. Pengelolaan obat tidak hanya sekedar pengelolaan untuk menjaga quality produk, tapi juga pengelolaan sebagai komoditi usaha. Apoteker diharapkan mampu juga menjadikan pelayanan terbaik mereka sebagai nilai tambah dari usaha dalam bentuk sebuah jasa.


Begitulah peran-peran yang disampaikan dalam bentuk stars pharmacist. Tapi ini hanya akan menjadi slogan semata jika para Apoteker-apoteker tidak memaknai atau melaksanakan peran tersebut. Semuanya kembali kepada diri masing-masing hehe.. for yout information.
Best Regards,