Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Minggu, 17 Mei 2015

Sejarah Tipp-Ex...

Dear All,

Semua orang yang pernah menulis tangan, setidaknya pernah melakukan kesalahan. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki tulisan tersebut, bisa dengan dicoret lalu tulis ulang di atas coretan atau disampingnya; bisa dengan menempel kertas label menimpa tulisan yang salah dan kemudian tulis kata yang benar di atas kertas itu; atau dengan sebuah cairan penutup yang disebut Tipp-Ex.So, mari kita kenalan dengan si Tipp Ex ini.

Sejarah
Cairan pengoreksi ini pertama kali ditemukan di Amerika oleh seseorang bernama Bette Nesmith Graham pada tahun 1951,  dan kemudian di tahun 1956, Bette mematenkan cairan tersebut untuk dijual dengan brand Mistake Out, yang untuk selanjutnya diganti dengan brand Liquid Paper.

Tipp-Ex sendiri adalah nama sebuah perusahaan yang didirikan di Eltville, Jerman oleh seseorang bernama Wolfgang Dabisch. Selanjutnya dibangun lagi sebuah perusahaan kontribusi untuk Tipp-Ex di Frankfurt oleh seseorang bernama Otto Carls. Produk pertama dari perusahaan ini yang terkenal adalah sebuah kertas koreksi yang bisa digunakan untuk mengoreksi hasil ketikan di mesin ketik yang salah. Nama dari produk ini dinamai dengan nama Tipp-Ex, sesuai nama perusahaan yang berasal dari kata tippen yang merupakan bahasa Jerman untuk 'mengetik', dan ex adalah kata bahasa Latin untuk 'tidak lagi'. Nah pada tahun 1965, Tipp-EX melakukan inovasi menghasilkan cairan penutup yang mirip-mirip seperti cairan Mistake Out nya Bette, dan menjadikannya sebagai produk unik yang laris tidak hanya di Eropa tapi juga di dunia, termasuk Indonesia.

Penggunaan
Tipp-Ex ini berisi sebuah cairan putih yang bisa menutupi tinta pena, dan ketika kering maka kita bisa menuliskan tulisan yang benar diatas landasan cairan putih tersebut. Tipp-Ex sendiri terdiri dari 2 bagian yaitu botol kecil yang berisi cairan putih, dan tutup botok dimana  terdapat sebuah konektor yang ujungnya adalah seperti kuas. Ketika botol dalam posisi tertutup, maka kuas akan terendam cairan putih di dalam botol. Cara menggunakannya adalah oleskan kuas tersebut ke tulisan yang salah lalu tunggu kering, baru kita bisa menuliskan kata pengoreksi di atasnya (jika ngga sabar boleh lah kita tiup-tiup biar cepet kering).

Kadang Tipp-Ex terbuka terlalu lama, maka cairan putih akan menebal dan mengeras, maka si produsennya pernah membuat sebuah produk tambahan bernama Tipp-Ex Thinner untuk mencairkan si cairan putih ini sehingga bisa digunakan dengan lancar kembali. Sekarang cairan penghapus dibuat dalam kemasan yang berujung runcing dan bertutup. Saat akan digunakan, dikocok dahulu agar cairan putih didalamnya menjadi lebih encer, kemudian tinggal membuka tutup dan kemudian ujung ditekankan pada bagian tulisan yang akan dikoreksi.

Dalam perkembangannya, Cairan penghapus ini tidak hanya menjadi alat penghapus, tapi sebagai alat membuat karya seni yang menyimpang, maksudnya ? yupss.. di meja meja sekolah banyak gambar-gambar yang digambar dengan cairan putih ini. Tentu hal tersebut menjadi tidak relevan dengan tujuan penggunaan, menjadi tidak rajin dan mengganggu pemandangan. Apalagi jika tidak hanya gambar yang dibuat, tapi juga tulisan-tulisan...dari kata-kata ngga jelas, cinta-cintaan, ataupun maki-makian. Hayoo siapa yang dulu waktu SD nulis si A love si B pakai Tipp-Ex ? yang lebih berani adalah menulis contekan ujian pakai Tipp-Ex ! wah, mungkin biar jelas cetar membahana waktu nyontek, tidak cuma dia yang melihat tapi pengawas ujiannya juga disuruh nyontek

Kenapa saya tiba-tiba ingin buat posting tentang Tipp-Ex ? entahlah hehe. Benda ini hanyalah sedikit rangkaian benda lama saat jaman sekolah yang wajib dipunyai. Seiring berjalannya waktu, tidak semua guru atau dosen suka bila kita membenarkan tulisan dengan Tipp-Ex, dengan alasan (kebanyakan) membuat tulisan menjadi tidak rajin, bahkan pernah alasannya karena tidak sopan (bagaimana korelasinya ? entahlah). Apalagi ditambah dengan aturan saat ujian Dilarang saling meminjam alat tulis, termasuk Tipp-Ex rasanya benda ini semakin tersudutkan hehehe. Tapi saya sendiri masih punya, dan masih menjadi bagian dari piranti sekolah, ehh piranti perkantoran. Begitulah serba serbi dunia pernipp-exan... rasanya memang saya sedang ingin menghapus sesuatu di masa lalu, jadi saya teringat dengan benda yang satuu ini... =)

Best Regards,

Referensi :
Anonim. 2015. Tipp-Ex. Wikipedia. 2015. http://en.wikipedia.org/wiki/Tipp-Ex