Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Selasa, 12 Mei 2015

My Second Profesionalism...

Dear All,

Saya memulai perjalanan menjadi seorang profesional lagi setelah beberapa waktu vakum. Sudah saatnya harus berorientasi, dan beradaptasi di tempat yang baru dan segera mengikuti percepatan-percepatan yang ada disini. Apa yang harus saya lakukan ?...

Langkah utama dan pertama disini adalah luruskan niat. Disini saya bekerja dan  berfilosofi untuk ibadah dan melayani orang lain. Dengan niat yang lurus, saya berharap akan ada keikhlasan dari dalam diri saya untuk bekerja dan juga saya berharap pekerjaan saya akan diridhai oleh Allah SWT.

Langkah kedua adalah segera beradaptasi. Beradaptasi disini adalah beradaptasi dengan content pekerjaan dan juga lingkungan kerja. Tentunya menguasai apa yang kita kerjakan adalah sesuatu yang wajib, kenapa ? bagaimana kita bisa melayani orang lain jika bahan untuk melayani mereka saja kita tidak tahu ?. Semakin kita bisa ahli dalam pekerjaan kita, semakin banyak yang bisa kita lakukan untuk kebaikan orang lain.

Beradaptasi dengan lingkungan maksudnya beradaptasi dengan ritme kerja dan beradaptasi dengan rekan kerja. Bersilaturahmi, dan cepat membaur dengan mereka akan memudahkan kita mendapat suasana kerja yang nyaman, menyenangkan dan bikin betah. Ini menjadi salah satu faktor yang paling penting karena sering kali suasana kerja menjadi faktor X yang membuat pekerjaan seseorang menjadi kacau ketika menemui yang tidak sreg sehari-harinya. Tapi suasana kerja yang bikin happy, tentunya bikin seseorang masih sulit move on ketika pindah ke tempat yang baru,,, seperti yang kadang saya alami hehe.

Langkah ketiga adalah berpikir positif dan mencoba menikmati setiap detiknya. Membuang semua pikiran negatif, prasangka, grogi, ketakutan, kelalaian dan hal buruk lain, membuat kita akan bisa menikmati saat-saat kita bekerja. Tentunya apapun yang kita alami di dunia kerja, pada suatu saat hanya akan menjadi sebatas kenangan yang bisa jadi akan kita ceritakan dalam keadaan santai pada kerabat di masa depan nanti (saat sudah jadi sukses tentunya), jadi kita tidak perlu berpikir dalam-dalam menghadapi masalah, keep enjoy and happy.

Semoga langkah baru ini membawa saya menjadi manusia yang lebih baik kedepannya... sambil memikirkan project-project lain dalam hidup... saya berharap bisa terus berkembang lebih baik dan terus memperbaiki diri... Amin.

Best Regards,