Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Kamis, 14 Mei 2015

Fokus pada hal yang positif...

Dear All,

Berpikir positif adalah salah satu sikap yang dipunyai oleh banyak orang sukses di dunia. Berpikir positif artinya berpikir hal-hal yang bersifat membangun, sehingga dalam bertindak atau bersikap menuju ke sesuatu yang baik. Berpikir positif mempunyai manfaat dalam menggerakan kita menuju ke kebahagian, kesejahteraan, kedamaian dan kehidupan yang penuh suka cita.

Setiap orang mempunyai keinginan untuk sukses, namun dalam perjalanannya banyak orang menyerah karena mereka tidak mempunyai FOKUS dalam meraih kesuksesan. Ada sebuah teori yang menyatakan bahwa ENERGI akan mengalir menuju kemana NIAT dan FOKUS itu diarahkan. Sehingga tidak akan ada orang menyerah atau kehabisan daya, apabila fokus dan niat masih digenggam.

Lantas apa yang membuat hal itu terjadi ? tentu hal itu terjadi karena sesuatu yang bernama tantangan, hambatan, dan masalah. Dalam suatu proses menuju kesuksesan pasti ada 3 hal tersebut, namun itu wajar. Walau begitu, justru itu tetap membuat banyak orang berhenti, menyerah dan gagal. Dampaknya sangat panjang bagi orang terebut karena akan membuat mereka menjadi berpikir negatif untuk mencoba lagi atau mencoba hal yang baru.

Tidak sedikit orang yang tidak mampu berpikir positif, dan menganggap ini hanyalah omong kosong atau hanya kata-kata bohong para motivator yang tidak relevan dengan realitas dunia yang mereka hadapi. Tidak sedikit juga yang mempercayai adanya berpikir positif, tapi mereka juga bilang "saya percaya tentang pikiran positif mampu membawa seseorang ke kesuksesan, tapi bagaimana caranya ? orang lain bisa tapi saya belum..." sama saja bukan ?. Kebanyakan orang tidak mengetahui kapan dan bagaimana berpikir positif itu.

Lalu bagaimana cara kita belajar fokus pada hal yang positif ? saya sendiri juga sedang belajar, dan saya belum juga menjadi orang yang positif, mari belajar bersama...check this out
1. Menentukan niat dan goal
Tentu untuk memulai suatu hal yang positif, sudah jelas kalau kita harus menentukan apa yang ingin kita raih, apa yang ingin kita capai, atau apa yang ingin kita mau. Goal yang jelas membuat semuanya menjadi lebih fokus.
2. Bayangkan apa yang kita inginkan, atau keuntungan apa yang kita rasakan jika kita mencapai goal tersebut.
Pikirkan,....kesenangan atau kenikmatan apa yang kita dapat jika mampu meraih tujuan kita, lalu rasakan.... betapa menyenangkan bukan jika kita meraih yang kita mau.
3. Menjaga keyakinan
Dalam mencapai goal, ada banyak hal yang harus kita yakini, diantaranya kepositifan sikap dan proses kita. Kita memiliki kekuasaan untuk mengarahkan semangat, emosi, naluri, kecendrungan, perasaan, suasana hati, sikap dan perilaku untuk menuju goal. Salah satu cara adalah dengan menggunakan kekuatan afirmasi. Coba afirmasikan ini... "Hidup saya adalah dibawah kendali saya...pikiran saya adalah milik saya yang akan saya kendalikan"... lalu afirmasikan "saya bisa, saya hebat, dan saya mampu meraih semua yang saya inginkan"...ucapkan dengan keras dan penuh semangat...sambil lihat cermin juga boleh hehehe.
4. Berlatih mengeliminasi segala pikiran dan dan sikap negatif dari pikiran
Manusia diciptakan berkeluh kesah, namun itu bukanlah kodrat yang harus membuat kita menyerah. Belatihan untuk membuang pikiran negatif. Anggap pikiran adalah sebuah wadah, jika pikiran itu diisi hal-hal positif maka hal negatif tidak akan mengisi wadah tersebut. Ini harus konsisten kita coba, tentunya untuk membiasakan diri.
5. Mencoba tularkan sikap positif ke orang lain
Banyak memberi senyum, menahan diri dari kata-kata negatif serta berusaha membahagiakan orang lain adalah cara untuk mengimplementasikan sikap positif ke orang lain.
6. Banyak Berdoa
Banyak berdoa untuk tetap bersyukur dan bersabar menghadapi segala cobaan dalam mencapai kesuksesan, adalah untuk cara yang saya anggap paling mumpuni untuk menjaga konsistensi hidup positif kita. Mintalah restu dan campur tangan Alloh SWT untuk membawa kita ke kesuksesan.

Saya sedang berusaha keras untuk hidup positif, karena saya merasa sekarang sudah bukan saatya menjadi anak kecil  lagi, tapi saya tumbuh menjadi orang dewasa yang harus memaknai segala proses hidup dengan hati yang lapang..demi membangun kehidupan yang damai dan sukses.. Amin.. Mari berusaha

Best Regards,