Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Minggu, 03 Mei 2015

Antara May Day, mayday dan My Day...

Dear All,

Judul dari postingan ini sepintas terlihat sama, apalagi jika dibaca akan terdengar mirip. Tapi sebenarnya mereka bertiga itu berbeda... apakah bedanya ?

A. May Day

Tanggal 1 Mei di Indonesia diperingati sebagai May Day atau Hari Buruh, dan salah satu bentuk apresiasi terhadap hari ini adalah dengan menjadikannya salah satu hari libur nasional untuk kaum pekerja. Tapi saya kira essensi utama dari May Day adalah bukan di hari libur nya, namun bagaimana kesejahteraan buruh menjadi perhatian utama bagi seluruh masyarakat yang memperingatinya.

Kenapa harus 1 Mei diperingatinya ?, semuanya dimulai pada tanggal 1 Mei 1886, buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari (sebelumnya jam kerja bisa sampai 19 jam perhari). Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei. Pada tanggal 4 Mei 1886. Para Demonstran melakukan pawai besar-besaran, Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati. Sebelum peristiwa 1 Mei itu, di berbagai negara, juga terjadi pemogokan-pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil dari para pemilik modal (Anonim, 2015a; Foner, 1986)

Pada akhirnya pada tahun 1889 di Paris, diadakan sebuah kongres buruh yang menyatakan bahwa 1 Mei adalah hari Buruh sedunia, dan juga menetapkan sebuah resolusi yang berbunyi :
Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis (Anonim, 2015b)

B.Mayday
Mayday adalah sinyal tanda bahaya standar internasional yang digunakan dalam komunikasi radio, berasal dari bahasa perancis m'aidez yang berarti "tolong aku". Mayday dipakai oleh banyak grup seperti polisi, pilot, pemadam kebakaran, dan organisasi transportasi untuk memberitahukan keadaan keadaan bahaya atau darurat. Panggilan darurat Mayday selalu diucapkan sebanyak tiga kali ("mayday mayday mayday") untuk menghindari kesalahan penerimaan atau salah dengar penerima dalam keadaan yang berisik pada radio. Dan juga untuk membedakan panggilan darurat yang sebenarnya dengan berita tentang panggilan darurat (Anonim, 2013a)

Sinyal Mayday ini berasal tahun 1923 diperkenalkan oleh Frederick Stanley Mockford, seorang petugas radio senior di Bandara Croydon, London (Anonim, 2013b). Mockford waktu itu diminta untuk memikirkan kata yang menunjukan adanya bahaya atau kesulitan, namun mudah dipahami oleh pilot dan staff di daratan. Karena waktu itu banyak perjalanan penerbangan dari Croydon ke Le Bourget Airport, maka dia mengusulkan kata "Mayday" dari Bahasa Perancis "m'aidez" (yang artinya tolong aku). Membuat panggilan darurat palsu di Amerika Serikat adalah kejahatan federal yang dapat membawa sanksi hingga enam tahun penjara dan / atau denda sampai $ 250.000, dan dibayarkan sebagai ganti rugi ke Coast Guard (Organisasi yang menjaga pantai atau perairan)(Anonim, 2011)... jangan coba-coba membuat alamat palsu...eh panggilan palsu. Interpretasi Mayday benar-benar berbeda dengan hari buruh nya May Day.

3. My Day
Kalau yang ini diterjemahkan sebagai Hariku... kenapa My Day ini penting ? sebenarnya tidak juga. Saya menghabiskan tanggal 1 Mei sebagai libur kemarin untuk sedikit Refreshing.  Saya hanya menghabiskan waktu untuk keliling cari outfit batik untuk dipakai di tempat kerja, dan sedikit mencicipi sajian mood booster, coklat. Berhubung cuaca hari itu begitu panas.. saya mencoba es krim coklat dan beberapa temannya.

Selamat memasuki Mei, harapan tetap sama...semoga Mei ini banyak rezeki dan kelancaran yang bakal didapat...Amin. Tahun lalu, Mei menjadi awal perjalanan untuk menjadi seseorang profesional muda setelah lulus. Teringat banyak banget surat lamaran yang saya kirim langsung, via pos ataupun email ke beberapa tempat kerja. Sampai akhirnya akhir bulan, saya mendarat di Bandung untuk pertama kalinya... dan memang saat itu terlihat begitu sulit, tapi setahun kemudian saat semuanya sudah menjadi nostalgia... saya hanya bisa tersenyum mengenangnya.

hehehe..kita tidak pernah tahu tentang masa depan... syukurilah hari ini.

Best Regards,

Referensi:
Foner, Phillip S. 1986. May Day: A Short History of the International Workers' Holiday, 1886–1986. New York: International Publishers
Anonim. 2011. Search and Rescue is No Joke. SAR Statistic, Facts, Info Sheets and Reports. ucsg. 2015. http://www.uscg.mil/hq/cg5/cg534/sarfactsinfo/SARisNOjoke.asp
Anonim. 2013a. Mayday (Tanda Bahaya). Wikipedia. 2015. http://id.wikipedia.org/wiki/Mayday_%28tanda_bahaya%29
Anonim. 2013b. Why MayDay?. Research Questions. nmmc. 2015. http://www.nmmc.co.uk/index.php?/collections/featured_questions/why_mayday
Anonim. 2015a. Haymarket Affair. Wikipedia. 2015. http://en.wikipedia.org/wiki/Haymarket_affair#cite_ref-92
Anonim. 2015b. Hari Buruh. Wikipedia. 2015. http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Buruh