Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Selasa, 20 September 2016

Refleksi kesehatan kita

Dear Sinnamate,
Setiap hari melihat pasien yang semakin banyak membuat saya berpikir apakah ada yang salah dengan kondisi kesehatan masyarakat Indonesia di jaman sekarang ? Kenapa penyakit mudah sekali hinggap kepada diri seseorang ? apalagi penyakit-penyakit degeneratif dan kronis hampir selalu memenuhi daftar pasien di poli. Begitu rendahkah rate gaya hidup yang sehat di Indonesia ? Sulitkah melakukan preventif ? of course it’s about lifestyle.

Habit, gengsi, kepuasan akan pemujaan orang lain jika mampu bergaya hidup modern sering mengabaikan kehidupan “masa depan” dalam bentuk kesehatan. Junkfood, dunia malam beralkohol dan smoke, mungkin bagi cowo-dan cewe gaul kekinian jaman sekarang tidak terlalu berefek bagi kesehatan. Tapi bagaimana dengan beberapa puluh tahun kedepan ?

Kuratif di era sekarang tidak selalu menjadi kebanggaan. Sebenarnya mampu mengobati tanpa mampu mencegah terulang kembali adalah sebuah kerugian. Mari kita kembali ke diri sendiri, untuk sadar akan kesehatan dan menjadi pioner pencegahan dari unit terkecil di dalam masyarakat.

Best Regards,