Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Kamis, 15 September 2016

Perbaikan aspek dasar melayani

Dear Sinnamate
Kemampuan melayani adalah sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Permasalahan dari kemampuan melayani tidak hanya dari kurangnya skill, tapi juga kurangnya motivasi dasar atau gairah untuk “melayani” orang lain. Gengsi ketika diartikan sebagai “pelayan” dan kecenderungan untuk “dilayani” oleh sesama membuat kemampuan ini tidak bisa dikatakan semudah membalikkan tangan. Setiap individu harus memperhatikan perbaikan hal-hal dasar ketika belajar memberikan pelayanan kepada orang lain, yaitu antara lain:

1.      Perbaikan Skill
Modal dasar dari melayani seseorang adalah pengetahuan dan ketrampilan. Tentu kita tidak mungkin melayani seseorang dengan apa yang tidak mereka butuhkan. Kompetensi yang dipunyai kita gunakan untuk memenuhi keinginan mereka akan suatu hal. Jika problem mereka berhasil diselesaikan, tentu mereka akan mendapatkan kepuasan.

2.      Perbaikan Attitude
Ini adalah aspek yang paling sering dikeluhkan dalam dunia pelayanan service. Cara berbicara, cara ekspresi muka, bahasa tubuh, nada suara, ketrampilan mendengar dan penampilan fisik adalah hal-hal yang harus dilatih dan”dipoles” dalam memberikan kualitas terbaik dari pelayanan. Bagaianapun juga pelanggan ingin melihat penampilan menarik dari pelayanan yang diberikan kepadanya

3.      Perbaikan Mindset
Pelanggan adalah bos ? bagi saya pelanggan adalah mitra. Jika kita mitra, maka akan ada win-win solution dari pelayanan yang menguntungkan bagi mereka dan juga bagi kita. Tidak hanya salah satu saja yang menguntungkan, karena tak ada artinya juga pelanggan puas, kita babak belur, atau kita puas pelanggan kabur hehe. Mindset yang dibangun yaitu pelanggan adalah orang yang penting bagi kita maka berikan yang terbaik untuk mereka.

Demikian hal dasar yang harus diperbaiki dari masing-masing individu dalam belajar memberikan pelayanan. Saya juga sedang belajar dalam melayani orang lain sehingga juga sedang melakukan perbaikan

Best Regards