Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Selasa, 14 April 2015

Mencoba Memulai sampai Setia pada Hal Kecil

Dear All,
Semua orang hidup dengan mimpi dan harapan untuk mendapatkan kehidupan yang baik dan sukses. Sebagian orang berusaha, dan mereka ada yang sudah berhasil dan ada yang belum. Sebagian lagi memiliki angan-angan tinggi, namun belum memulai apapun untuk mencapai cita-cita mereka. Sering kali mereka bahkan tidak tahu bagai mana untuk memulai.

Seringkali banyak orang termasuk saya sendiri pernah mengeluhkan suatu target atau pencapaian yang ingin dikejar. Ketika orang lain menanyakan “apa yang sudah kamu perbuat untuk mencapai tujuanmu”…saya Cuma bilang “emm..sebenarnya saya belum melakukan apapun”… saya Cuma denger kata si A , kata Si B.. kalau begini jadinya ini, kalau begitu jadinya itu… Padahal yang harusnya kami lakukan adalah…cukup dengan MEMULAI…

Sering kali saat memulai sesuatu  (atau bener-bener baru banget memulai) ekspetasi kita terhadap kesuksesan langsung begitu instan.. Berusaha hari ini, lalu besok kaya raya, besok rangking 1, besok jadi pemimpin perusahaan atau bahkan besok jadi presiden… Helloooo apa kamu memelihara jin yang akan mengabulkan 3 permintaan dengan cepat ? atau punya alat doraemon dari kantong ajaib ? atau jangan-jangan kamu belum bangun dari tidur ???..hehe.  Kenapa bisa seperti itu ? dalam mencapai perubahan kita harus punya 3 hal penting, yaitu identifikasi masa sekarang, target masa depan, dan breakdown action  dalam timing tertentu.

Mengidentifikasi masa sekarang maksudnya adalah mengukur posisi diri kita saat ini dalam berusaha sudah sampai mana. Apakah sudah cukup berusaha, atau bahkan belum memulai apapun.  Kemudian Target di masa depan adalah Great Thing yang kita kejar dan berusaha untuk kita dapatkan.  Kemudian bayangkan posisi diri kita sekarang dengan target yang dicapai,, apakah kita harus memperbanyak action atau bahkan memulai action. Nah action yang kita lakukan tidak bisa serta merta kita lakukan dengan penghabisan.. tapi lakukan dimulai dengan breakdown atau membagi menjadi langkah-langkah  kecil. Kenapa langkah-langkah kecil ? karena yang namanya manusia selalu memiliki kemampuan, motivasi, dan disiplin yang naik-turun (kadang rajin,kadang malas).

Sebagai contoh, jika seseorang memilki target posting  blog 30 posting tanpa copas konten blog lain dalam satu bulan, dan katakanlah sekarang di masih zero posting atau nol. Kemudian dia mem breakdown postingannya misal satu hari sekali dia posting, kemudian sabtu-minggu yang weekend santai dia bisa menambah 2 posting. Pasti di hari ke 30 dia bisa mencapai target, bahkan lebih. Bayangkan jika anda merasa powerful dan memaksakan untuk berusaha secara penghabisan mencapai target postingan…dalam sehari anda berusaha melakukan 30 posting… kira-kira bisa ngga ? bisa jadi.. tapi butuh motivasi, kemampuan dan semangat super… tapi jika tidak ? baru 4 posting anda sudah jenuh.. bahkan besok lusa jadi malas posting lagi.

Jangan meremehkan usaha untuk setia terhadap hal-hal kecil. Di dunia ini tidak ada kesuksesan yang diperoleh secara instan.  Tetap berusaha yaa….

Best Regards,