Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Minggu, 12 April 2015

Apa yang bisa dilakukan di minggu pagi ?

Dear All,
Apa yang kamu lakukan di minggu pagi ? olahraga ? siap-siap buat piknik ? jalan-jalan ? masih belum bangun atau bahkan belum tidur ? nonton tivi ? belajar (yakin ?..wahh ini rajin banget) ? atau galau ?... lihatlah, ada banyak sekali varian kondisi yang mungkin kita bisa alami saat minggu pagi... hal semacam itu bisa muncul karena ada faktor yang mempengaruhi.. yang saya tahu diantaranya adalah karena faktor  sunday planning dan last satnite event.

Apa maksudnya sunday planning ?.. yups sunday morning seseorang bisa dibentuk oleh yang namanya planning. Planning atau rencana adalah sesuatu yang kita buat di waktu sebelumnya untuk melakukan sesuatu. Misal seseorang memplanning dirinya akan menghabiskan minggu pagi untuk berolahraga, baik itu sendiri atau ramai-ramai bersama teman; atau dia merencanakan di hari minggu bakal piknik atau berlibur kesuatu tempat. So minggu pagi, seseorang akan melakukan kegiatan persiapan liburan atau bahkan sudah berangkat liburan itu sendiri. Itulah yang disebut power of planning...yang bisa membedakan kegiatan seseorang yang satu dengan yang lain dalam menikmati sunday morning.

Saya biasanya memplanning sunday morning untuk olahraga, baik sendiri atau sama temen... waktu jaman sekolah, planning saya berkembang menjadi reguler schedule yang semi wajib untuk dilaksanakan dan menjadi keharusan. Soalnya jika hari minggu kok tidak melakukannya, maka rasanya ada yang kurang banget di hari itu. Dulu kita selalu melakukan olahraga Bola basket di lapangan basket SMA, ramai-ramai bersama teman-teman satu lingkungan. Kadang bareng juga dengan anak-anak dari tempat lain yang datang untuk maen, kemudian jadinya kita melakukan sparing game.

Saya teringat, awal kita mulai bermain basket di minggu pagi, sebenernya berawal dari ajakan beberapa anak SMA yang nge-kos di tempat tetangga saya. Salah satu dari mereka mempunyai bola basket dan dia mengajak anak-anak lingkungan kos nya (termasuk saya, waktu itu baru lulus SMP) untuk iseng bermain basket di hari minggu.. Karena basket masih asing bagi telinga kita-kita yang notabene lebih familiar bermain sepak bola, maka kami sangat antusias, sampai habis subuh kami sudah siap-siap (bayangkan langit masih gelap, iqomah subuh kayaknya baru 10 menit yang lalu...tapi saya sudah dijemput temen ngajak basketan, emang keliatan gitu ring basketnya ?). Waktu itu tidak hanya anak cowo yang maen basket, tapi juga cewek-cewek... jadi suasananya sangat seru dan ramai (rame mereka cekikikan ><).

Bisa dibilang itu adalah salah satu momen yang membuat saya mulai belajar menyukai basket. Lama-lama dari main asal lempar, berkembang menjadi main basket yang beneran. Dulu yang namanya dribble saja masih 2 tangan, dan ngga kenal yang namanya double ball apalagi travelling. Tapi sejak saya ikut Ekstra basket sehari-hari di sekolah, hari minggu itu saya pakai sebagai ajang latihan dan praktik ilmu dan teknik yang saya dapat saat Ekskul.Imbasnya adalah pada temen-temen lain yang juga ikut ketularan ilmunya. Padahal diantara kami semua, yang anak basket cuma saya doang, tapi mereka juga pada jadi jago-jago maennya. Kerennn.....

Paling sering kami  berain game 3 on 3 (walaupun kadang 4 or 4, atau kalau lapangan sebelah lagi dipake orang, bisa 5 on 5 setengah lapangan, tapi campur anak cewe hehe), karena selain anaknya yang jumlahnya terbatas (dulu banyakan karena ada anak cewek, apalagi lama-lama pada bubar), juga kadang ada setengah lapangan yang lain dipakai oleh anak-anak yang lain untuk maen sendiri (karena mereka ngga ngajak maen bareng, kadang segan juga kalau kami ngajak duluan). Setelah bermain game 3 on 3, sebagai pendinginan kami latihan free throw atau semacam penalty , dimana yang paling sedikit poinnya harus push up...ahhh tidak jarang saya jadi korban push up (padahal saya anak esktra basket,,duh malu-maluin ketauan banget gadungan). Pulang-pulang badan berkeringat,,, lalu mandi dan sarapan,, sungguh badan menjadi segar dan sehat.

Momen kedua yang mempengaruhi bagaimana kita menghabiskan sunday morning adalah Last Satnite Events, atau Saturday Night Events yang didefinisikan sebagai kegiatan apa yang dilakukan saat malam minggu.. (hayoo apakah yang jomblo panas denger kata ini ? hahaha tidak juga). Biasanya kalau kita menghabiskan malam minggu dengan bergadang, pasti besok paginya masih ngantuk dan lebih prefer tidur daripada beraktivitas. Malam minggu bisa dijadikan momen untuk maen sama temen, pasangan, atau melakukan aktivitas lain seperti nongkrong di suatu tempat, maen games , atau nonton bola. Sesuatu yang sangat spesial jika menemukan malam minggu ada yang sedang belajar, kecuali dia sedang sekolah atau kuliah sabtu-minggu.

Saya sendiri biasanya menghabiskan SatNite untuk quality time nonton tivi, entah nonton bola atau saat ini saya sering nonton tayangan misteri hehe. Bukan karena saya penggemar misteri, tapi lebih karena penasaran. Biasanya kalau sudah kamis malam sampai minggu malam ada tayangan-tayangan misteri seperti ghost games, mister tukul jalan-jalan, masih dunia lain, dan Jejak Paranormal. Terlepas dari kontoversi apakah acara tersebut rekayasa atau tidak, saya sering penasaran terutama jika ada fenomena penampakkan... tapi kalau disuruh ngelihat langsung sih amit-amit deh...

Waktu saya kerja, kadang dapet shift 2 di malam minggu, jadi malam mingguannya di pabrik bareng temen-temen kerja. Pulang-pulang sudah pasti capek dan tidur, besoknya bisa bangun pagi. Saat saya di kota-kota seperti di Yogyakarta atau Cimahi, ada semacam "pasar kaget" yang hanya muncul di minggu pagi. Di jogja ada yang namanya pasar Sunmor (Sunday Morning) di daerah kampus UGM , sedangkan di cimahi ada pasar Brigif yang keduanya sama-sama merupakan pasar yang ramai pengunjung di hari minggu. 

Yahh terlepas apapun yang kita lakukan di minggu pagi, tentu harus merupakan sebuah kegiatan yang positif; yang bisa merefresh kita dari segala rutinitas yang telah dijalani dalam seminggu terakhir. Memang sih minggu cuma satu hari, ibaratnya dari senin ke minggu aja butuh 6 hari kenapa dari minggu ke senin butuh sehari (huaa ngga adil) maka dari itu manfaatkan untuk bergembira atau bersantai...harapan saya semoga kita semua bisa menikmati minggu pagi yang menyenangkan yahh (seperti saya yang sedang post tulisan ini sambil makan batagor dan minum susu jahe merah =))
Best Regards,