Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Selasa, 14 April 2015

Bagaimana Memaafkan Diri Sendiri ?

Dear All,
Pernah membuat kesalahan ? kekacauan ? masalah ? baik sengaja atau tidak ? merugikan diri sendiri atau orang banyak ? Hampir semua orang pernah melakukan kekeliruan. Dari orang paling kaya sampai yang paling miskin, golongan paling atas sampai golongan bawah, orang paling pintar atau paling bodoh (jika ada orang bodoh, karena yang benar adalah orang malas), pasti pernah melakukan kesalahan. Kenapa ? karena manusia tercipta TIDAK SEMPURNA.

Saat seseorang  membuat kekeliruan dalam melakukan sesuatu, orang lain tentu akan mengkritiknya dengan berbagai cara. Saya sendiri pernah melakukan kesalahan dan pernah menerima kritikan, namun kadang justru terjebak untuk terlalu fokus menganggap kritikan tersebut. Saya biasanya mencoba untuk selalu menghibur diri kalau di dunia ini berlaku fakta bahwa setiap orang adalah tidak sempurna dan bisa membuat kesalahan kapan saja dan dimana saja, termasuk orang yang baru saja mengkritik kita. Bisa jadi suatu saat dia yang sedang apes melakukan kesalahan, dan dia dikritik oleh orang lain. Melihat fakta tersebut, kita setidaknya harus bangkit, optimis, percaya diri dan berkurang rasa khawatir berlebih di dalam hati jika akan bertindak. 

Tentu saja, kita wajib melakukan refleksi dan belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan. Bagaimanapun juga "wrong is wrong, salah adalah salah ", suatu kondisi yang dapat menyulitkan diri atau orang lain. Namun dengan memaafkan diri dan memperbaiki kesalahan maka kita bisa hidup lebih bahagia dan berpeluang menjadi sukses di kemudian hari. Jangan sampai kelemahan tersbut membuat kita terpuruk dan mengalihkan fokus kita dari kelebihan-kelebihan kita.

Berhentilah menghukum diri sendiri..lakukan perbuatan positif untuk kehidupan yang lebih baik.

Best Regards,