Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Selasa, 21 April 2015

Hijrah diri, wujud nyata hasil refleksi

Dear All,

Seseorang tentu banyak yang dalam hidupnya ingin melakukan hijrah, belum ataupun sudah dilaksanakan. Hijrah disini mungkin bukan sehebat Hijrahnya Umat Rasulullah ke Ethiopia dan Madinah, apalagi Hijrah Cinta kaya lagunya Rossa. Hijrah ini hanyalah sebuah perpindahan dari yang belum baik menuju ke lebih baik.

Hijrah artinya adalah berpindah, khususnya berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Tapi jika dimaknakan secara luas adalah perpindahan dari kondisi yang tidak baik menuju ke arah yang lebih baik. Setiap hari hendaknya kita melakukan introspeksi diri... sudahkah kita melakukan hijrah dalam makna luas ini setiap hari ?... 

Banyak orang di Dunia ini, ataupun di sekeliling kita mungkin sudah berhijrah. Entah keluarga, ataupun teman, mereka hidup hari ke hari semakin menjadi lebih baik, dan saya selalu berharap menjadi seperti mereka. Sepertinya saya tidak harus hanya menunggu hidayah untuk Hijrah...karena kita tidak tahu harus menghadapi hal yang baik atau tidak terlebih dahulu sebelum mendapat hidayah itu. Akan lebih baik kita mencoba untuk bergerak menjemput langkah-langkah menuju hijrah.

Memaksakan diri untuk bergerak menuju hijrah agaknya harus kita lakukan, karena pasti meskipun berat di awal, yang namanya melakukan perbuatan baik akan menimbulkan berkah dan nikmat. Lama-lama akan muncul kenikmatan dalam melakukan pergerakan menuju hijrah, dan akan timbul keikhlasan yang nyata. Bagaimanapun godaan Syaitan selalu nyata dan memberatkan langkah... tapi bukankah memang syaitan sudah berkomitmen menggoda dan menyesatkan kita umat manusia sepanjang hidup ? kenapa kita yang manusia tidak berkomitmen menggagalkan rencana mereka seumur hidup kita ?

Memulai hijrah diawali dengan sesuatu yang sangat dasar, yaitu niat. Apa niatan kita hijrah ? dipuji orang ? atau buat asik-asik aja ?..tentu tidak. Niat perubahan kita adalah mencari Ridha Allah SWT. Dengan Ridha Allah SWT kita akan mendapatkan kehidupan Akhirat yang baik. Selain niat kita harus meningkatkan kesabaran, rasa syukur, pengetahuan dan doa kita agar diberi kemampuan dan keistiqomahan untuk berubah menjadi lebih baik, baik dalam beramal di jalan Allah.

Mari berhijrah, karena selalu ada kesempatan dan juga karena kita selalu membuat dosa di setiap kesempatan

Best Regards,