Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 24 April 2015

Sikap Terbaik dari seorang Leader, Jujur dan Terpercaya

Dear All,

Jika ditanyakan kepada anda, pemimpin seperti apa yang anda harapkan?  jawaban anda bisa jadi sama dengan saya yang mengharapkan pemimpin yang jujur dan terpecaya. Itulah sikap terbaik yang harus dimiliki seorang pemipin untuk mencapai visi dan misi organisasinya.

Kejujuran sama pentingnya dengan keahlian lain dalam memimpin. Kejujuran dalam kepemimpinan merupakan akar modal agar terhindar dari tindakan-tindakan yang bertentangan dengan norma-norma kehidupan sosial dan bernegara, seperti KKN yang sudah menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat luas.

Seorang pemimpin tidak hanya dipilih berdasarkan Hard Competency yang ditunjukkan dengan izasah atau gelar pendidikan, namun juga Soft Competency, yaitu sikap dan perilaku yang baik. Menurut Seorang penulis bernama Maya Angelou bahwa jika anda tidak menyukai sesuatu, ubahlah. Namun jika anda tidak bisa mengubahnya, ubahlah sikap anda. Dengan demikian sikap yang baik seperti jujur dapat menciptakan sebuah perubahan besar dalam diri seseorang yang selanjutnya memberikan pengaruh kepada orang lain.

Sikap Jujur dan Terpercaya tidak hanya dimiliki oleh pemimpin formal yang dikukuhkan dengan melalui surat Keputusan. Tapi harus dimiliki setiap orang, karena sejatinya setiap orang adalah pemimpin. Jika ingin mengukur apakah anda termasuk orang jujur, silahkan bermuhasabah dan bila menemukan jawabannya cukup direnungi dalam hati saja ya hehe..

Best Regards,

Referensi
Rukmana, N. 2008. 99 Ideas for Happy Leader. ZIP BOOKS : Bandung.