Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Senin, 20 April 2015

Tentang Cristiano Ronaldo...

Dear All,

Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu tokoh yang saya suka dari dunia sepak bola. Namanya adalah Cristiano Ronaldo. Apakah kalian pernah denger namanya ? mungkin bisa dikatakan dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia secara individu. Yuk, kenalan dengannya..

1. Identitas diri dan keluarga C. Ronaldo
Cristiano Ronaldo memiliki nama lengkap Cristiano Ronaldo Dos Santos Aviero. Lahir di Funchal, Madeira, sebuah kota di Portugal pada tanggal 5 Februari 1985. Terlahir sebagai bungsu dari 4 bersaudara, putra dari seorang ibu bernama Maria Dolores Dos Santos Aveiro yang bekerja sebagai juru masak, dan seorang ayah bernama Jose Dinis Aveiro, yang bekerja sebagai Juru penata kebun kota. C. Ronaldo mempunyai 3 kakak, kakak laki-laki bernama Hugo, dan 2 kakak perempuan bernama Elma serta Liliana Catia. Salah satu kakaknya bernama Liliana merupakan penyanyi di Portugal dengan nama panggung Ronalda, plesetan dari nama adiknya Ronaldo. Nama Ronaldo sendiri merupakan nama yang terinspirasi dari nama Mantan Presiden A.S yang juga artis, Ronald Reagen. Sang Ayah berharap putranya menjadi sosok yang besar dan memiliki peruntungan baik seperti sang Presiden.

2. Masa Kecil dan Pendidikan
Cristiano Ronaldo dibesarkan di keluarga yang tidak berkecukupan, dan saat kecil dia harus berbagi kamar dengan saudara-saudaranya dan bahkan tidak mempunyai mainan seperti anak pada umumnya. Di sekolah C.R (saya singkat yee..kepanjangan soalnya hehe) cukup dikenal diantara teman-temannya (tentunya karena dia jago mengolah bola), dan juga pernah juga punya insiden di sekolah ketika dia melempar guru yang menyinggung perasaanya dengan kursi karena merendahkan keluarganya yang miskin. Setelah lulus sekolah, C.R memutuskan fokus pada sepakbola, karena dia merasa di hal tersebut dia bisa mengembangkan bakat dan kesukaanya serta membuka jalan untuk menolong keluarganya dari kemiskinan. Hal tersebut didukung 100 persen oleh ibunya. Namun tekad itu pernah mengalami hambatan, ketika C.R. kecil terkena masalah pada jantungnya, yang membuat dia harus diperasi dan menimbulkan kekhawatiran dunia sepak bolanya akan kiamat hari itu juga. Nyatanya C.R bangkit untuk sembuh dan bahkan sejak saat itu dia terus berlatih dan menjadi pemain muda yang potensial.

3. Karir Sepakbola
A. Andorinha dan Nacional
Sejak umur 8 tahun, C.R. bermain untuk sebuah klub lokal bernama Andorinha. Selanjutnya dia bergabung dengan Nacional dan memenangkan gelar disana. Melihat bakat yang yang potensial C.R mendapat kesempatan untuk trial di klub besar ibukota, Sporting Lisbon yang membuatnya kemudian dikontrak pada umur yang masih sangat muda, yaitu 12 tahun. Saat masih kecil, C,R dikenal sebagai anak yang berbadan kecil dan kurus namun memiliki bakat dan kesukaan yang besar pada sepakbola. Kemana-mana dia selalu membawa bola, termasuk saat tidur. Dia awalnya menjalani peran di klub sebagai pemain bertahan namun kemudian berkembang pada posisi lain, karena permainannya yang sangat bersemangat terutama saat membawa bola. Saking mendalami dalam bermain bola, dia akan marah jika tidak mendapat bola atau tidak dimainkan, dan akan menangis jika tim nya kalah.
B. Sporting Lisbon
C.R. bergabung di Academia Sporting, sebuah pelatihan untuk para pemain muda klub Sporting Lisbon. Pelatihan ini selalu menghasilkan pemain-pemain, khususnya winger yang bagus dan terkenal di dunia, sebut saja Luis Figo (yang kebetulan diidolakan oleh Ibu C.R). C.R. menjadi pemain pertama yang bermain untuk tim U-16, U-17, U-18, Tim B dan Tim utama Sporting Lisbon pada satu musim. Debut C.R. di tim utama adalah saat dia mencetak 2 gol untuk membantu timnya meraih kemenangan 3-0 atas klub Moreirense pada 7 Oktober 2002 (hebat langsung cetak 2 gol). Kemampuannya itu membuat dia dipanggil timnas Portugal U-17 untuk berpartisipasi dalam kejuaraan Eropa U-17.
C.R. Sempat diminati oleh banyak manajer klub top eropa seperti Arsene Wanger (Arsenal), Gerard Houlier (Liverpool) dan bahkan Presiden Direktur Barcelona, Joan Laporta. Namun yang akhirnya benar-benar nyata ketertarikannya adalah Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson. Saat itu pada musim panas tahun 2003, diadakan pertandingan persahabatan antara Sporting Lisbon melawan Manchester United dalam rangka peresmian stadion Estadio Jose Alvalade di Lisbon. Manchester United yang tim besar saat itu justru takluk 1-3 dari Sporting Lisbon, dan waktu itu C.R. berperan besar terhadap kekalahan Manchester United. Hal itu membuat para pemain Manchester United, justru begitu tertarik dengan sosok C.R. dan menyarankan sang pelatih untuk merekrutnya. Pada Tahun 2013, C.R. mendapatkan gelar kehormatan dari Sporting Lisbon dengan menjadikannya sebagai anggota ke 100.000 klub
C. Manchester United
C.R. dikontrak oleh MU (Manchester United), pada musim 2003-2004 sebagai pemain portugal pertama yang dikontrak. Dikontrak dengan banderol 12,24 juta Euro, C.R. yang tadinya akan menggunakan nomor punggung 28 (seperti saat di sporting), justru diberikan nomor punggung 7 yang legendaris. Nomor punggung 7 di MU seperti nomor keramat karena selalu dipakai oleh bintang dan sosok terkenal seperti George Best, Bryan Robson, Eric Cantona dan David Beckham. C.R. membuat debut pada saat melawan Bolton Wanderers di menit ke 60, dan mencetak gol pertamanya dari tendangan bebas saat melawan Porstmouth. Dia mencetak beberapa gol penting termasuk saat kemenangan MU dalam final piala FA melawan Milwall. Dan di musim pertamanya dia sempat mendapatkan kartu merah pertama saat melawan Aston Villa. Namun begitu, di musim pertamanya dia mendapat pujian dari pelatihnya yang menyebutnya luar biasa, kemudian dari legenda MU, George Best yang menyebutnya Spesial dan juga dari Gary Neville yang menyebutnya punya potensi menjadi pemain terbaik dunia.
Dalam musim-musim berikutnya, dia selalu menunjukan hal yang mengagumkan seperti mencetak 4 gol dalam satu pertandingan dan mencetak gol ke 1000 sepanjang sejarah klub. Permainan yang tajam membuatnya menyingkirkan striker MU saat itu, Ruud Van Nistelrooy ke bangku cadangan. Duetnya dengan Striker MU yang lain yaitu Wayne Rooney membuat duet Ro-Ro ini menjadi momok menakutkan di Eropa dan dunia. Sayangnya hubungan mereka berdua sempat diisukan renggang, setelah di Piala Dunia 2006, saat Portugal melawan Inggris, C.R. dituduh melakukan provokasi yang membuat Rooney diberikan kartu merah. Berita ini sempat membuat suasanan di Manchester tidak nyaman, sampai akhurnya baik Rooney maupun C.R selalu menyampaikan tidak ada masalah pada hubungan mereka sejak insiden itu.
Sejak insiden itu, C.R mulai menghadapi fans lawan yang mencemooh dirinya dan iri padanya, namun dia juga belajar bahwa cemoohan itu hanya dia anggap sebagai motivasi bagi dirinya untuk berkembang lebih baik. Bagi saya, penampilan C.R di MU merupakan awal kenapa saya menyukai permainannya. Dribble yang cepat dan meliuk-liuk, skill mempertahankan bola dan gerakan ala dance, speed dan jump yang mantap didukung dengan tendangan kerasnya membuat saya terpesona. Salah satu momen puncak karir di MU adalah saat dia membawa MU menjadi juara liga inggris dan juara Liga Champions, serta dirinya sendiri menjadi pemain terbaik di dunia.
D. Real Madrid
Pada Tahun 2009, C.R dibeli dari MU seharga 94 Juta Euro, yang membuatnya sebagai pemain termahal di dunia saat itu. Disambut oleh legenda Real Madrid yaitu Alfredo Di Stefano, dan diberikan jersey nomor 9, sampai akhirnya legenda Real, Raul Gonzales yang memakai nomor 7 pindah ke klub lain membuat C.R. kembali memakai nomor 7, sehingga dia dikenal sebagai CR7. Di klub ini, penampilan C.R. semakin membaik dan mendapatkan berbagai penghargaan seperti sepatu emas dan pemain terbaik dunia. C.R. selalu dibandingkan dengan Leonel Messi dari Barcelona, sebagai pemain terbaik di planet bumi. Hal ini terkait kecemerlangan permaian mereka berdua, sejak C.R masih bermain di MU, sampai menjadi seteru yang nyata di Real Madrid bagi Messi di Barcelona. C.R membawa tim nya menjadi juara di liga Spanyol dan Juara Liga Champions yang ke 10 bagi Real Madrid pada tahun 2014.
E. Karir Internasional : Portugal
C.R sudah bergabung dengan timnas portugal sejak menjadi anggota U-15, U-17, U-20,U-21, dan U-23. Dia ikut serta dalam timnas senior saat debutnya dalam kemenangan Portugal melawan Kazakhstan pada 2003. C.R ikut serta dalam Euro 2004 (membuat 2 gol dan 2 assist),dan olimpiade musim panas 2004 (1 gol). Penampilannya yang fenomenal adalah saat piala Dunia 2006, dimana di kualifikasi dia menjadi top skorer kedua kualifikasi, dan di perempat final dia mengalami insiden provokasi wayne Rooney yang dikeluarkan dengan kartu merah karena menginjak Ricardo Calvanho, Bek Portugal. Hal itu dispekulasikan banyak orang karena sesaat setelah Rooney di kartu merah, C.R tertangkap kamera mengedipkan mata ke bangku pemain Portugal, namun baik wasit atau kedua pemain sama-sama menyampaikan kalau kartu merah itu tidak ada hubungannya dengan Ronaldo-Rooney. C.R. ikut serta dalam Euro 2008, dan sayangnya dia  hanya bisa membawa tim nya sampai perempat final setelah kandas dari jerman. Di piala Dunia 2010, C.R. memimpin timnya sebagai kapten timnas Portugal yang sayangnya dihentikan oleh timnas Spanyol di babak 16 besar. Di Euro 2012, C.R. kembali memimpin timnya menembus semifinal dan harus bertemu dengan juara dunia saat itu, Spanyol. Sayangnya lagi-lagi Portugal harus kalah lewat drama adu penalti. Yang terakhir, gangguan cedera membuatnya tidak tampil maksimal di Piala Dunia 2014, yang membuat Portugal harus tersingkir di babak awal turnamen. Walau begitu dia berhasil menjadi pemain pertama portugal yang mencetak gol dalam 3 piala dunia yang berbeda.

4. Kehidupan di luar Lapangan
A. Kehidupan Asmara
C.R yang dikenal sebagai sepakbola yang stylish, terkenal dan kaya tentunya menarik bagi para wanita cantik di berbagai penjuru dunia. Beberapa pesohor seperti Alice Goodwin, Gemma atkinsonn termasuk paris hilton pernah diisukan bersama C.R. Tahun 2010 C.R. mempunyai anak yang disebut Cristianinho, yang sayangnya ibu kandungnya tidak pernah diungkap oleh C.R. C.R. sendiri berhubungan dengan model rusia Irina Shayk, dan baru saja broken pada Januari 2015 lalu. Berarti jombo dong ? para cewek ada yang mau ngantri ngga nih ? hehe
B. Kedermawanan
C.R sering kali melakukan amal kepada orang lain. C.R. pernah menyumbangkan 100.000 euro kepada rumah sakit di Madeir auntuk membangun pusat pengobatan kanker, setelah berhasil membuat ibunya sembuh dari kanker. C. R. sering melakukan pertandingan amal seperti saat bermain dengan klub lokal tempat asalnya untuk penggalangan korban banjir di madeira. C. R melelang sepatu emas hasil penghargaannya untuk menyumbankannya ke anak-anak di Gaza. Selanjutnya di Afrika dia bergabung dalam Fifa'11 untuk kampanye melawan Obesitas, malaria, HIV, kecanduan Narkoba dan Ebola. Di Indonesia, kisahnya terkenal setelah memberikan santunan kepada anak Aceh yang menjadi korban tsunami, dimana saat kejadian, keluarganya meninggal dan dia sendiri sedang memakai kaos portugal bernomor punggung 7. C.R juga menjadi duta perlindungan mangrove di Indonesia
C. Iklan dan Karir
Penampilannya yang menarik, membuat profilnya yang ikonik layak untuk menjadi model iklan. Dia dikontrak oleh label fashion Emporio Armani, perusahaan olahraga Nike, dan banyak lagi yang lainnya termasuk sampo Clear yang sering kita lihat di Televisi. Bahkan sebelum menjadi Bintang besar dia pernah menjadi bintang iklan Ekstra Joss. C.R. sendiri memiliki butik bernaa butik C.R. yang dia buat di Madeira dan Lisbon.

Demikian sedikit cerita tentang C.R.7, saya memandang dia sebagai sosok inspiratif yang memotivasi saya untuk meraih banyak mmpi dan hal baik dengan usaha, doa dan talenta yang saya miliki. Semoga bisa menambah wawasan pembaca semua...

Best Regards,