Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Rabu, 08 April 2015

Salam Dahsyat... Bapak Tung Desem Waringin

Dear All,
Suatu hari, jaman masih baru-barunya jadi sarjana farmasi, saya mampir ke kontrakkan temen kampus untuk sekedar ngadem setelah seharian mengurus pendaftaran kuliah profesi Apoteker. Kebetulan temen saya ini masih dalam tahap tugas akhir, dan dia juga sedang sibuk ngurus bisnisnya jadi siang itu dia ada di rumah. Waktu saya dateng si Doi lagi maen laptop dan katanya sih lagi belajar (luar biasa banget nih bocah siang-siang lagi belajar ? hehe). Saya pun jadi ikutan buka laptop dan ikutan... ONLINE (haha mumpung wifi gratis di rumahnya,elu kira mau ikutan belajar ??). Tiba-tiba dia bilang ke saya "eh minta ebook farmasi dong, yang penting-penting... koleksi gue ngga lengkap nih..ntar gue barter ama hal yang bagus".. wow an interesting thing pikirku.. apa yah yang mau dia kasih ? apa itu games ? film ? program ? atau....... ?

Saya kasih deh flashdisk penuh e-book ke dia, dan dia balik dengan ngisiin itu flashdisk dengan sebuah folder berjuduk motivasi. Motivasi ? apakah ini e-book juga ? atau video ?. Saya buka file nya ada nama Tung Desem Waringin (kaya pernah dengar nama ini ?), lalu saya buka lagi foldernya bentuknya mp3, dan judulnya tentang motivasi-motivasi semua... apa ini tanyaku ?. Temenku bilang kalau itu adalah CD Audio motivasi dari seorang motivator terkenal Indonesia bernama Tung Desem Waringin. Dia dapet CD Audio ini dari seminar motivasi beliau yang dia hadiri, sesuatu banget.

Sejak saat itu saya dengerin CD Audio motivasi itu, hal yang sangat baru sebagai bentuk motivasi yang pernah diterima oleh saya. Biasanya saya download ebook atau video motivasi, bukan dalam bentuk file mp3 seperti ini. Setiap hari saya dengar, saya pelajari, saya renungkan dan saya praktikkan... hasilnya memang hidup saya tidak hanya berubah tapi juga berubah jadi Dahsyat. Berbagai tips dan trik tentang kebaikan bersikap dalam CD tersebut, ternyata mampu memotivasi saya untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. So siapa sih sebenarnya Bapak Tung Desem Waringin ini ? kok bisa dia mampu melakukan brain stroming sebegitu mumpuni...
                                             Tung Desem Waringin (sumber gambar)

Tung Desem Waringin, adalah seorang motivator dan pakar dunia marketing kelahiran Desember 1967 di Surakarta, Jawa Tengah. Bapak TDW (Saya singkat begitu biar enak) adalah alumnus dari Fakultas Hukum UNS tahun 1992. Dia merupakan pembicara terbaik, dan pelatih sukses nomor satu di indonesia versi majalah marketing, Beliau  merupakan penulis buku best seller yang berjudul “Financial Revolution” dan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai buku inspirasional pertama dengan penjualan 10.511 buah pada hari pertama diluncurkan (denger-denger lebih banyak dari penjualan buku best seller novel dunia dan buku lainnya pada saat itu).

Buku Financial Revolution (sumber gambar)
Tahun 2008, Tung Desem kembali membuat sebuah aksi sensasional  yang menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat karena menyebarkan uang seratus juta rupiah dari atas helikopter di daerah Serang, Banten sebagai kelanjutan promosi peluncuran buku fenomenalnya yang berjudul Marketing Revolution. Waktu saya inget nonton beritanya di Tivi ada seorang motivator nyebar duit dari helikopter, dalam hati apakah beliau kebanyakan uang ? (waktu itu kepikiran gitu, karena nonton ngga dari awal berita jadi ngga tahu alasannya ternyata dalam upaya memarketingkan buku). Hasilnya tidak kalah dahsyat dari buku pertama yang beliau jual, buku keduanya berhasil dijual sebanyak 38. 878 eksemplar di hari pertama..Wow.. 
Buku Marketing Revolution (sumber gambar)
Satu hal yang menarik adalah beliau berani untuk out of the box dalam melakukan konsep marketing. Dia  tidak hanya memberikan kemasan yang menarik dari produknya tapi juga sebuah nilai tambah. Buku Financial Revolution yang dijual TDW, terdapat bonus 2 CD audio dan satu tiket  seminar keliling Indonesia seharga Rp 800.000. Pada buku Marketing Revolution, cara yang sama juga dilakukannya dengan memberikan bonus 5 CD audio pembeli buku dengan topik menarik, 2 tiket seminar tiga hari secara gratis yang biasanya per tiket dijualnya seharga 5 juta rupiah. Manfaat yang diberikannya sangat luar biasa, tidak hanya bagi konsumen tapi juga pada marketing produknya. Sebenarnya dia memposisikan ide marketing gilanya seperti menyebar uang bagai hujan bukan sebagai magnet langsung penjualan buku, tapi lebih kepada sebuah cara untuk mempromosikan diri, agar dikenal oleh masyarakat luas... dengan cara membuat sesuatu yang menarik, heboh, lain dari yang lain.. dan yang paling penting adalah dengan melakukan hal yang POSITIF.

Dalam CD Audio itu, memang banyak motivasi-motivasi, dimulai dari menyiapkan kualitas diri sendiri sampai menjadi pribadi yang mantap sampai membranding diri kita untuk berhibungan dengan orang lain atau bahkan berbisnis dengan mereka. Tentu harapannya pak TDW ingin agar pendengar CD Audio ini menjadi pribadi yang tangguh secara mental dan konsep berpikir-bersikap, entah itu dia bekerja menjadi apapun termasuk menjadi entrepeneur. Saya sendiri sebagai Tenaga Kesehatan masih bisa mengaplikasikan ilmu dari pak TDW untuk kehidupan sehari-hari atau dalam pekerjaan saya, karena saya dituntut untuk berinteraksi, berkomunikasi dan ber business dengan orang lain.

Bersyukur Alloh masih memberikan kesempatan untuk mendapatkan ilmu dari cara manapun... yang jelas saya akan coba ambil ilmu untuk kebaikan hidup saya... biar menjadi DAHSYAT.
Best Regards,

Sumber gambar
Aryphrase. 2015. Tung-desem. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Tung-desem.jpg 
SCOOP.2014.Marketing Revolution (SC).http://www.getscoop.com/id/buku/marketing-revolution-sc
Syafa'udin.2010.Financial Revolution.http://motivasi-sukses-diri.blogspot.com/2010/04/financial-revolution.html