Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Senin, 09 Maret 2015

Simbol Farmasi di Dunia

Dear all,

Dalam postingan sebelumnya, lambang farmasi yang dikenal dan diterima luas di dunia adalah Mangkuk Higieia. Namun sebenarnya ada banyak lambang-lambang yang digunakan untuk dihubungkan dengan farmasi di dunia ini. Mau tau apa saja lambangnya ? Check this out.

1. Simbol Ular Epidaurus di Tongkat Aesculapius.
Simbol ular dari Epidaurus (nama kota) dapat ditemukan di bagian kiri bawah pada gambar perisai di lambang The Royal Pharmaceuticals Society of Great Britain, sebuah organisasi kefarmasian di Britania Raya. Ular Epidaurus menurut mitologi adalah anak buah atau pelayan dari Dewa Aesculapius, Dewa Pengobatan dan Penyembuhan yang merupakan ayah dari Dewi Hygieia. Aesculapius digambarkan selalu bersama ular ini yang sering disebutkan melilit di tongkat dewa tersebut. Ular sendiri dikenal sebagai lambang kebijaksanaan, keabadian dan penyembuhan di kebudayaan tengah dan timur dari masa yang lebih lampau daripada zaman kebudayaan yunani kuno. Meskipun budaya Yunani lah yang paling menunjukan penyimbolan ular, dilihat dari ditemukannya kuil di timur laut peleponnese yang menunjukkan hubungan ular dengan dewa Aesculapius sebagai dewa pengobatan. Sehingga  simbol ular dinilai di dunia cocok untuk mewakili simbol kefarmasian.
                                            Gambar 1. Simbol ular di logo perisai
                                Gambar 2. Dewa Aeculapius, Dewa Pengobatan
                                             Gambar 3. Tongkat Aesculapius
2. Mangkok Hygieia dan Ular dari Epidaurus
Sebenarnya simbol farmasi paling diterima  di dunia, Mangkok higieia adalah variasi dari logo ular epidaurus yang tadi. Dewi Hygieia adalah anak dari Dewa Aesculapius, dan merupakan dewi kesehatan dan kebersihan.
                                           Gambar 4. Mangkuk Higieia
                         Gambar 5. Dewi Hygieia, Dewi Kesehatan dan Kebersihan
 3.Simbol Caduceus
Simbol ini digambarkan sebagai simbol tongkat bersayap yang dililit oleh 2 ular. Tongkat ini merupakan milik Dewa hermes dalam mitologi yunani atau dewa mercurius (mercury) dalam mitologi romawi. Dewa Hermes merupakan dewa pembawa pesan dan dewa perdagangan. Simbol ini pada abad ke 19 digunakan sebagai simbol kefarmasian di eropa
                                             Gambar 6. Simbol Caduceus
                             Gambar 7. Dewa Hermes memegang Caduceus
 4. Simbol Ular mengelilingi pohon palem
Ular yang mengelilingi pohon palem digunakan dulu di dunia kefarmasian prancis dan portugal sekitar abad ke 19. Disamping arti ular sebagai simbol penyembuhan, dalam lambang ini ada makna masing-masing dalam tiap item. Ular melambangkan kerajaan hewan, Pohon palm melambangkan kerajaan tumbuhan dan bebatuan di bawah pohon melambangkan kerajaan Mineral. Ketiga sumberdaya tersebut bisa dimaanfatkan untuk pengobatan.
               Gambar 8. Simbol ular mengelilingi Pohon Palem versi farmasi portugal
5. Green Cross
Simbol Green Cross pertama kali dikenalkan di benua Eropa pada awal abad ke 20 sebagai pengganti Red Cross yang digunakan sebagai lambang beberapa institusi kedokteran dan farmasi di benua tersebut. Simbol ini tidak digunakan di Britania Raya sampai tahun 1984, yang kemudian dijadikan The Royal Pharmaceutical Society of Great Britain sebagai standar lambang farmasi di Inggris Raya.
                                                 Gambar 9. Simbol Green Cross
6. Mortar dan Stamper
Mortar dan stamper ??? senjata farmasi yang satu ini memang udah jadi trademark bahkan di level dunia. Meksipun alat ini merupakan alat tradisional dalam peracikan, namun sampai sekarang masih banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan di dataran skandinavia, malah dijadikan simbol dari Apotek disana.
                                         Gambar 10. Mortir dan Stamper
7. Simbol The Carboy
The carboy adalah simbol botol kaca dengan dasar berbentuk bulat dan memanjang sempit di bagian lehernya, yang ditampilkan di apotik berisi cairan berwarna cerah. The Carboy berasal dari bahasa persia yaitu Qarabah yang artinya Guci anggur besar. Mungkin dulu para penjual obat di daerah timur tengah menjual obat dengan guci atau botol kaca seperti itu yang berisi cairan cerah, yang juga terdapat air mawar dan anggur. Simbol ini digunakan pada akhir abad ke 17 sampai abad ke 18. Di Inggris ada penelitian yang menunjukkan di akhir abad ke 18 terdapat korelasi penggunaan simbol tersebut di toko-toko kimia dan farmasi yang ada disana.
                                         Gambar 11. Simbol The Carboy
 8. Simbol RX
RX ini ga ada hubungannya dengan satria baja hitam RX ya (hehehe). RX merupakan istilah yang menunjukan kata Recipe yang biasanya muncul di resep saat awal akan dilakukan penulisan obat. Bisa juga dituliskan ( R/ ). Recipe diterima luas di dunia sebagai bahasa latin yang artinya "ambilah". Jadi jangan sampai keliru kalau menafsirkan arti Recipe  adalah Resep !!!. Ini penting soalnya banyak dosen yang iseng ngetes mahasiswanya dengan pertanyaan seperti ini. RX ini biasa digambarkan bersama mortir dan stamper.
                                    Gambar 12. Logo Rx dan Mortir - Stamper
Demikian simbol-simbol farmasi di Dunia ini. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian semua.

"Simbol adalah sebuah gambar yang menunjukkan filosofi, tidak hanya sebagai penunjuk eksistensi namun lebih sebagai pengingat arti dari visi dan misi dari pergerakan"
Best Regards,

referensi :
Royal Pharmaceutical Society. Pharmaceutical Symbols. Museum Of The Royal Pharmaceutical Society : London 
Sumber Gambar :
Anonim. 2015. http://thespiritscience.net/2011/09/20/1038/
Anonim. 2015. http://www.en.wikipedia.org/wiki/Aesclepius
Anonim. 2015. http://www.en.wikipedia.org/wiki/cadecius
Anonim. 2015. http://www.en.wikipedia.org/wiki/Hygieia
Anonim. 2015. http://www.en.wikipedia.org/wiki/mortar_and_pestle. 
Anonim. 2015. http://www.sellingantiques.co.uk/313138/set-of-three-antique-glass-pharmacy-carboys/