Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 27 Maret 2015

Dauntless The Brave - World of Divergent

Dear All,

Saya akan membahas mengenai faksi yang disebut sebagai yang paling berani, gokil, urakan dan gila diantara yang lain, dan mereka dikenal sebagai pelindung kota... yups,, They are Dauntless The Brave.
Deskripsi Umum
Dauntless adalah salah satu dari lima faksi di dunia divergent, faksi didedikasikan untuk keteguhan, keberanian, ketangguhan, dan kehidupan tanpa rasa takut. Dauntless dibentuk oleh orang-orang yang menyalahkan rasa takut dan pengecut sebagai penyebab masalah yang dihadapi masyarakat. Mereka mencoba untuk melawan pengecut dengan memberikan kesiapan diri dan kemampuan untuk bertindak ketika menghadapi rasa takut kepada anggotanya. Para anggota umumnya memakai dan (kadang-kadang) pakaian hitam yang provokatif, piercing, tato dan memiliki kecenderungan untuk membuat sensasi dan tindakan.

Definisi
Dauntless didefinisikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan ketidak takutan, ketidak gentaran, berani, memiliki keteguhan, tegas, serta tidak berkecil hati dalam menghadapi kesulitan dan bahaya.

Ciri-ciri
Orang Dauntless memiliki sifat berani dan keteguhan hati yang tinggi, suka bertarung dan memiliki ketrampilan fisik. Ciri fisiknya adalah mereka memakai pakaian serba hitam (kadang ada warna merah tua) dan biasanya ketat, bertato, bertindik (kadang), bergaya ala fighter atau sporty, bersepatu boots atau sport dan beberapa orang mempunyai gaya rambut yang tidak biasa. Beberapa perempuan memakai make up gelap dan eye liner.

Pemimpin
Pemimpin dari Dauntless yang dikenal antara lain adalah Max, Eric, Four, Tori dan Harrison. Max adalah pemimpin asli dari Dauntless di era sebelum erudite dan Dauntless bekerja sama. Max memberikan perubahan pada nilai Dauntless sehingga menjadi lebih brutal dan kejam, dengan alasan untuk lebih mempertahankan diri dari kelemahan. Eric menggantikan Max menjadi leader Dauntless, sejak era invasi abnegation. Four sebenarnya adalah leader yang paling tepat dan memiliki kemampuan yang lebih layak daripada Eric, dan Four bersama Tori dan Harrison di Insurgent memipin Dauntless untuk bersatu melawan Erudite.

Sejarah
Dauntless adalah faksi yang dibentuk oleh orang-orang yang menyalahkan sikap pengecut sebagai penyebab masalah di masyarakat. Menurut mereka satu-satunya jawaban menghadapi ketakutan adalah melalui keberanian untuk menghadapinya.

Nilai dari Dauntless
Dauntless mengutamakan nilai keberanian lebih dari yang lain, dan mereka melatih diri termasuk dengan cara menggunakan senjata untuk merespon ancaman dan tantangan, hal ini diperlukan jika mereka ingin bertahan hidup sebagai anggota Dauntless. Dauntless menekankan ide kebebasan dari rasa takut, dan hampir setiap hari melakukan tes yang hampir selalu menantang maut. Anggota Dauntless dan calon anggota adalah satu-satunya yang diperbolehkan untuk naik kereta dan melakukannya dengan cara yang berani (melompat ke dan dari kereta ketika sedang bergerak). Remaja calon Dauntless diketahui memilih pisau dalam simulasi Aptitude test ketika menghadapi anjing dan mereka mengambil tangga dalam suatu tindakan ekstrim

Hubungan dengan faksi lain
a. Abnegation : Sebelumnya Dauntless dan Abnegation bersikap netral satu sama lain. Namun karena pengaruh Jeannine dari erudite, ditambah dengan penggunaan serum pengontrol dalam senapan yang ditembakkan pada anggota Dauntless, maka Dauntless bekerja sama dengan Erudite untuk melakukan invasi dan pembantaian kaum Abnegation. Perpindahan dari Abnegation ke Dauntless atau sebaliknya sangat jarang, yang terkenal adalah perpindahan Four dan Tris dari Abnegation ke Dauntless. Saat Tris masuk ke Dauntless, ia dipanggil si kaku dan diremehkan oleh para anggota Dauntless.
b.  Erudite : Dauntless menjadi mitra dari erudite, karena Erudite memanfaatkan dauntless dengan merayu mereka dan mendoktrin bahwa kombinasi mereka (kombinasi pintar-kuat) sangat layak menjadi yang paling dominan di kota. Selain itu para anggota Dauntless dipengaruhi oleh serum pengontrol yang dibuat oleh Erudite. Tidak semua Dauntless cocok dengan hubungan ini, sehingga Dauntless bercerai berai ketika terjadi invasi gabungan Erudite-Dauntless terhadap Abnegation. Dauntless yang memihak Erudite dipimpin oleh Max dan Eric, sedangkan yang tidak setuju melarikan diri ke Faksi Candor. Perpindahan dari Erudite ke Dauntless atau sebaliknya lazim terjadi. Eric dulunya adalah Erudite dan dia menjadi Dauntless. Peter setelah bergabung menjadi dauntless, bergabung menjadi Erudite karena dia ingin mendapat posisi di faksi tersebut.
c. Amity dan Candor : Hubungan Dauntless dengan Amity dan Condor, cukup baik meskipun Amity dan Dauntless memiliki filosofi yang berbeda (yang satu suka damai, yang satu suka berantem). Baik Amity atau Condor bisa menjadikan Dauntless sekutu yang baik terutama dalam hal keamanan karena mereka memiliki kemampuan fisik yang baik.

Manifesto Dauntless

"We believe that cowardice is to blame for the world’s injustices. We believe that peace is hard-won, that sometimes it is necessary to fight for peace. 
About
But more than that:
  • We believe that justice is more important than peace.
  • We believe in freedom from fear, in denying fear the power to influence our decisions.
  • We believe in ordinary acts of bravery, in the courage that drives one person to stand up for another.
  • We believe in acknowledging fear and the extent to which it rules us.
  • We believe in facing that fear no matter what the cost to our comfort, our happiness, or even our sanity.
  • We believe in shouting for those who can only whisper, in defending those who cannot defend themselves.
  • We believe, not just in bold words but in bold deeds to match them.
  • We believe that pain and death are better than cowardice and inaction because we believe in action.
  • We do not believe in living comfortable lives.
  • We do not believe that silence is useful.
  • We do not believe in good manners.
  • We do not believe in empty heads, empty mouths, or empty hands.
  • We do not believe that learning to master violence encourages unnecessary violence.
  • We do not believe that we should be allowed to stand idly by.
  • We do not believe that any other virtue is more important than bravery
Setelah menjadi Calon Dauntless para remaja akan diseleksi dengan serangkaian tes yang lumayan panjang dan melelahkan yang terbagi menjadi 3 tahap yaitu tes fisik, emosional dan mental. Selama rangkaian proses ini, para calon Dauntless akan tinggal dalam kamar yang sama meskipun berbeda jenis kelamin. Dalam tes ini mereka akan dilatih oleh instruktor terlebih dahulu sebelum di uji. Untuk para calon dauntles yang benar-benar terlahir dari keluarga dauntless akan dilatih oleh Eric, dan untuk calon yang berasal dari pindahan faksi lain akan dilatih oleh Four.

Sebagai informasi, bagi yang gagal di tes ini, mereka akan menjadi Factionless. Tes pertama adalah tes fisik berupa pertempuran fisik. Sebelumnya mereka diajari bagaimana melawan dan bertahan, kemudian mereka diadu satu sama lain untuk melihat apa yang bisa mereka pelajari. Peringkat dilihat berdasarkan kemenangan dan kekalahan seseorang. Tes kedua dan ke 3 adalah tes emosi dan mental, ketika seseorang harus dihadapkan pada rasa takutnya dan harus menghadapi rasa takut itu satu demi satu untuk mencapai tujuan. Jika berhasil maka calon Dauntless akan melakukan ujian terakhir berupa permainan merebut bendera. Permainan ini dilakukan sebelum Upacara penerimaan anggota baru. Permainan ini membagi tim menjadi 2 tim, satu dipimpin oleh Eric dan satu lagi dipimpin oleh Four. Tugas mereka adalah harus merebut sebuah bendera. Even terakhir adalah Upacara penerimaan anggota yang diselenggarakan dengan pesta besar (bahkan anggotanya sampai pada mabuk), dan acara penghargaan rangking 5 besar dari 3 tes kemarin.

Anggota 
Beberapa nama anggota yang diketahui adalah:
a. Max
b. Four
c. Eric
d. Tris Prior
e. Christina
f. Peter
g. Will
h. Harrison
i. Tori Wu
j. Uriah
k. Marlen
l. Jessica
m. Amar
n. Rita
0. Lauren
m. Therese 

Demikian sekedar informasi tentang Dauntless..

Best Regards,