Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 27 Maret 2015

Erudite The Intelligent - World of Divergent

Dear All,
Saya akan membahas mengenai faksi yang disebut sebagai yang paling pintar diantara yang lain, tapi karena pintar jadi ada kelakuan oknum anggota faksi mereka pada melenceng hehe.. rasanya sering banget di jaman yang nyata kelakuan para akademisi dan para orang-orang pintar malah kadang memberikan contoh yang tidak layak untuk disebut sebagai bijak (curcol)... 
Deskripsi Umum
Erudite merupakan salah satu dari lima faksi di dunia divergen, satu-satunya faksi yang didedikasikan untuk pengetahuan, kecerdasan, rasa ingin tahu, dan kecerdikan. Erudite dibentuk oleh orang-orang yang menyalahkan ketidaktahuan yang menyebabkan perang yang terjadi di masa lalu, sehingga mereka terpecah menjadi faksi-faksi. Substansi yang melambangkan mereka saat Choosing Ceremony adalah air. Pemimpinnya, Jeanine Matthews, adalah antagonis utama seri divergent dan Insurgent. 

Definisi
Erudite didefinisikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan banyak pengetahuan, suka belajar dan bersikap ilmiah. 
Ciri-ciri
Orang Erudite suka mengobrol tentang buku-buku dan surat kabar (kalau nggosip ?); mereka konsisten dalam menyukai pengetahuan. Rasa ingin tahu mendorong mereka untuk mencari ilmu. Kebanyakan anggota memakai kacamata, tidak peduli seberapa sempurna penglihatan mereka (pencitraan biar keliatan orang pinter ?). Setiap anggota harus memakai setidaknya satu potong pakaian biru per hari. Kenapa biru ? karena biru dianggap sebagai "warna menenangkan yang dapat merangsang kerja otak"... hehe by the way, biru adalah warna kesukaanku loh (ya teruss ????) 

Pemimpin
Pemimpinnya adalah seorang ilmuan terkemuka, anggota dewan pemerintah, dan terkenal se penjuru kota bernama Jeanine Matthews .

Sejarah
Erudite dibentuk oleh orang-orang yang menyalahkan ketidaktahuan manusia untuk kesalahan sistem di masyarakat. Mereka membentuk Erudite sebagai cara menghilangkan kebodohan dan kegelapan dari pikiran manusia.
Nilai dari Erudite
Erudite menonjolkan nilai kebajikan dan kebijaksanaan berdasarkan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan faksi yang lain. Para anggota memfokuskan hidupnya untuk mengejar pengetahuan. Erudite banyak mempelajari buku-buku bacaan di perpustakaan, atau, paling sering, membaca sesuatu dari komputer (mungkin browsing, download jurnal dan ebook..kayaknya ngga buat facebookan deh apalagi download film hehe). Mereka juga diketahui telah hafal peta kota. Anggota Erudite dikenal sangat fasih dalam berbicara. Karena mereka haus akan pengetahuan, mereka mudah rentan terhadap penyimpangan moral. Demi mendapatkan pengetahuan, mereka sampai-sampai bernafsu untuk merebut kekuasaan. Jeanine Matthews adalah contoh nyata dari sifat ini. 
Hubungan dengan faksi lain
a. Abnegation : Erudite bersaing sengit dengan Abnegation, dan mereka selalu menyangka Abnegation sebenarnya hanya peduli pada kelompok mereka saja dan yang tampak dilakukan sehari-hari oleh abnegation hanya pencitraan, demi mendapat yang diinginkan dan merebut kekuasaan (Suudzon aja nihh).
b.  Dauntless : Dauntless menjadi mitra dari erudite, karena Erudite memanfaatkan dauntless dengan merayu mereka dan mendoktrin bahwa kombinasi mereka (kombinasi pintar-kuat) sangat layak menjadi yang paling dominan di kota (Tapi entah kenapa saya merasa para Dauntless jadi kaya "kacung" dan "security" nya orang Erudite). Tidak semua Dauntless cocok dengan hubungan ini, sehingga Dauntless bercerai berai ketika terjadi invasi gabungan Erudite-Dauntless terhadap Abnegation. Dauntless yang memihak Erudite dipimpin oleh Max dan Eric, sedangkan yang tidak setuju melarikan diri ke Faksi Candor.
c. Amity dan Candor : Hubungan Erudite dan Amity cukup baik meskipun Amity berusaha untuk tidak terlibat dengan segala urusan Erudite, terutama jika berhubungan dengan kekuasaan. Sedangkan hubungan Erudite dengan Candor tidak terlalu jelas seperti apa. Namun Candor selama ini percaya Erudite selama ini baik-baik saja dan menjalankan fungsi kebaikan sebagaimana mestinya, dan sangat terkejut saat mengetahui bersama dengan Dauntless, Erudite melakukan invasi terhadap abnegation dan memburu divergent bahkan sampai menyusup ke candor dan melukai warganya.
Manifesto Erudite
  We submit the following statements as truth: 
'Ignorance' is defined not as stupidity but as lack of knowledge. Lack of knowledge inevitably leads to lack of understanding. 
Lack of understanding leads to a disconnect among people with differences. 
1. Disconnection among people with differences leads to conflict. 
2. Knowledge is the only logical solution to the problem of conflict.
Therefore, we propose that in order to eliminate conflict, we must eliminate the disconnect among those with differences by correcting the lack of understanding that arises from ignorance with knowledge.
 Mereka juga punya Manifesto khusus untuk pendidikan, yaitu :
The areas in which people must be educated are:
1. Sociology 
So that the individual understands how society at large functions.
2. Psychology 
So that the individual understands how a person functions within that society.
3. Mathematics 
So that the individual is prepared for further study in science, engineering, medicine, and technology.
4. Science 
So that the individual better understands how the world operates. So that the individual's study in other areas is supplemented. So that as many individuals as possible area prepared to enter the fields devoted to innovation and progress.
5. Communication 
So that the individual knows how to speak and write clearly and effectively.
6. History 
So that the individual understands the mistakes and successes that have led us to this point. So that the individual learns to emulate those successes and avoid those mistakes.
Setelah menjadi Calon Erudite, para remaja akan diseleksi ketat dengan semacam tes intelegensi yang jika gagal maka dia akan dibuang menjadi factionless (tanpa faksi). Beberapa calon Erudite melakukan tes khusus untuk memilih di ilmu apakah dia akan spesifik mengabdikan dirinya.
Anggota 
Beberapa nama anggota yang diketahui adalah:
a. Jeanine Matthews : Sang Leader, dan anggota yang paling terkenal se kota.
b. Cara
c. Caleb Prior : Mulanya adalah seorang Abnegation, tapi dia ternyata memilih Erudite sebagai tempatnya
d. Fernando : Berpindah ke Amity
e. Myra
f.  George Wu
g. Edward
h. Eric : Berpindah ke Dauntless (ternyata ini orang ini lahir dari keluarga penyuka ilmu juga ya)
i. Tori Wu : Pindah ke Dauntless
j. Will
k. Evelyn Jhonson Eaton
l. Andrew Prior : Pindah ke Abnegation
m. Therese 

Demikian sekedar informasi tentang Erudite...
Best Regards,