Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Kamis, 26 Maret 2015

Tentang Aptitude Test - World of Divergent

Dear All,
Saya akan membahas tentang Aptitude test di dalam Seri Divergent. Aptitude test merupakan salah satu event penting dalam kisah ini, karena menjadi awal kehidupan yang sebenarnya bagi para pemuda-pemudi di kota itu. Dengan hasil tes ini mereka akan mengetahui, mana faksi yang cocok sesuai kepribadian mereka, dan untuk selanjutnya mengabdikan diri dan bergabung dengan faksi yang cocok tersebut. Bisa jadi seseorang dilahirkan di suatu faksi, namun ternyata dia lebih cocok kepribadiannya di faksi lain sehingga harus meninggalkan keluarganya. Namun Aptitude test ini hanya semacam tes saja, bukan sebagai penentu seseorang akan masuk kemana, karena itu adalah hak pribadi seseorang untuk memilih dia di faksi mana pada hari Choosing Ceremony, hari dimana seseorang memilih faksi. Tapi kebanyakan jika mereka sudah mengetahui bahwa hasil Aptitude test mengarah ke suatu faksi, mereka akan memilih faksi yang sama dengan hasil test (karena passion dan jiwa mereka juga mengarah ke situ).

Secara definisi, Aptitude test adalah tes bakat atau kepribadian untuk menguji remaja berusia 16 tahun, untuk mengetahui dominan dimanakah di salah satu dari lima sifat dari lima fraksi yang ada. Aptitude test merupakan indikator yang baik untuk memberikan referensi hasil kepribadian yang tepat dan selalu menjadi rujukan sebelum Choosing Ceremony. Keesokan harinya di Choosing Ceremony peserta tes harus memilih faksi yang mereka inginkan, dengan berbekal hasil tes tersebut. Mereka bisa saja meninggalkan keluarga mereka dan memilih faksi yang sama sekali baru atau mereka tetap bisa tinggal bersama keluarganya. Walaupun Aptitude test adalah hasil yang dapat dipercaya tapi keputusan akhir diserahkan kepada mereka.

Tes ini dilakukan pada remaja usia 16 tahun di kota tersebut... kenapa 16 tahun ? karena usia itu dianggap dewasa (kenapa ngga sweet seventeen ? hehe).Tes ini tidak dapat diberikan oleh anggota faksi dari faksi asal anak itu sendiri (misal  yang ngetes anak dari faksi dauntless, ngga boleh dari orang dauntless.. ntar hasilnya KKN lagi dimark-up jadi dauntless hehe), sehingga evaluator uji relawan biasanya terdiri dari delapan abnegation, dengan dua orang dari empat faksi yang lain (yang mau aja) untuk menguji dua orang dari abnegation, jika dilakukan tes terhadap 10 orang secara bersamaan (gampangnya gini..jika ada 10 remaja mau di tes... pesertanya harus 8 orang dari 4 faksi dan 2 orang dari abnegation,, terus panitianya juga ada 10 orang,, 8 orang dari abnegation buat ngetes 8 orang remaja dari faksi lain,  dan 2 orang sisanya dari faksi lain buat ngetes 2 remaja dari abnegation). Hmm kenapa faksi abnegation dipilih jadi panitia ? karena mereka itu volunteer sejati,, engga ada namanya KKN (korupsi-kolusi-nepotisme) dalam hati mereka dan pure untuk nolong sesama..wow.

Ruangan tempat tes dilakukan didesain khusus untuk pelaksanaan Aptitude test. Ruangan tersebut penuh dengan dinding kaca dan pencahayaannya sangat terang. Di tengah ruangan adalah kursi yang terlihat seperti kursi dokter gigi. Peserta tes diperintahkan untuk duduk di sana dan kemudian dipasangkan elektroda yang melekat pada kepala mereka. Kemudian mereka diberi serum untuk minum, untuk menghubungkan mereka ke sebuah program simulasi. Simulasi ini membantu memutuskan apa faksi mereka berada di. Beberapa hasil tes tidak dapat disimpulkan, seperti apa yang terjadi pada Tris, sehingga dia masuk golongan divergence.

Di dalam simulasi akan terdengar suara seorang tokoh faksu erudite yang terkemuka bernama Jeanin sebagai narator (sebagai ilmuwan cerdas, dia adalah pencipta dari serum yang digunakan dalam tes). Simulasi pertama adalah tes awal, berupa pililhan antara pisau dan keju. Jika seseorang itu berbakat dauntless dia akan memilih pisau, namun jika keju maka dia bebakat amity.  Namum dalam kasus Tris, dia tidak memilih keduanya,, sehingga muncul anjing yang menyerang dirinya... dia berpasrah menghadapi anjing tersebut karena percaya itu hanya simulasi (dan dia menunjukan respon Erudite). Kemudian ketika tiba tiba muncul anak kecil dan si anjing berubah haluan menjadi menyerang anak kecil itu, Tris lari ke arah anak tersebut untuk menyelamatkannya (dia menunjukkan respon Dauntless dan Abnegation). 

Selanjutnya masuk skenario tes yang lain yaitu ketika ada sebuah bis dibakar oleh seseorang, dan ada orang lain menanyakan apakah kita tahu siapa pelakunya. Padahal kita mengetahui pelakunya sehingga kita mengahadi tes dimana harus mengambil keputusan apakah kita akan memberitahukan kebenaran walaupun kita merasa jika kita menyampaikannya kita merasa sesuatu yang buruk akan terjadi. Dalam kasus tris, si pelaku memohon dalam suatu dimensi kepada tris agat tidak diberi tahu identitasnya. Jika seorang candor, maka tris akan memberi tahukan kebenaran bahwa dia tahu, jika berbohong maka si pelaku akan menjelaskan dengan kebohongannya itu akan membuatnya lebih bisa untuk membantu dia menguraikan siapa sebenarnya wajah aslinya. Jika seorang Abnegation, maka dia akan menyampaikan kebenaran tanpa pamrih, namun bila divergence, dia akan menolak mengetahui orang itu siapa.

Cara simulasi ini bekerja adalah sebenarnya seseorang dituntut dengan pikiran dan perasaannya meninggalkan sifat dalam 4 faksi untuk lebih menonjolkan satu sifat dalam 1 faksi utama ketika menghadapi masalah-masalah dalam skenario. Sehingga akan dihasilkan satu kepribadian utama yang jelas dan terukur. Jika hasil tes tidak meyakinkan, misalnya dia masih menyisakan lebih dari satu faksi dalam dirinya, maka hasil tes menyatakan kalau dia adalah seorang divergence. Tris sendiri diketahui cocok terhadap semua faksi namun dia cenderung dominan kepada erudite, dauntless dan abnegation (meskipun di Film, dia terlihat cocok sama rata dalam faksi,,, tapi emang dia kayak lebih ke 3 itu). Tris sendiri termasuk langka karena memiliki 3 sifat yang ada dalam dirinya, karena kebanyakan divergence yang pernah ada hanya sekitaran 2 sifat saja.. dan dia memang memiliki hal tersebut karena sifat alami. 

Berikut adalah hasil tes yang dapat dihasilkan dari Aptitude test :
1. Abnegation : Anda dianggap tidak mementingkan diri sendiri
2. Amity : Anda menghargai kebaikan, alam, dan perdamaian
3. Candor : Anda merasa kebenaran harus dibagi dan menolak untuk berbohong, berpikir hitam dan putih.
4. Dauntless : Anda dianggap berani dan nekat
5. Erudite : Anda dianggap memiliki rasa ingin tahu dan cerdas
6. Divergence :
Anda tidak cocok dengan masyarakat faksi, dan karena itu mengancam sistem faksi. Kurang mampu dikendalikan

Saya sendiri penasaran pengin ikut tes ini, hehe..ya sekedar cukup tau aja kalau beneran ada di dunia nyata. Iseng-iseng browsing di Internet ada situs yang merupakan situs divergent versi fim, dan menawarkan Aptitude test buat iseng-isengan hehe. Isinya sih kaya pertanyaan tes psikologi gitu-gitu (mendingan ini daripada disuruh minum atau suntik serum)... kalau hasil test si aku dominan Erudite dan Amity hehe... Yang mau nyobain bisa cek disini.

Begitulah Aptitude Test, beruntung juga kita di dunia nyata ngga ada tes ginian, dan kita menjadi makhluk dengan sifat yang kompleks yang menjadikan hidup kita jadi lebih berwarna hehe..
Best Regards,