Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Minggu, 18 Oktober 2015

Tentang Pegantar Farmakognosi

Dear All,
Saya akan berbagi sedikit pengantar tentang farmakognosi..check this out

Definisi
Berdasarkan arti kata, farmakognosi berasal dari bahasa yunani, yaitu pharmacon (artinya obat ; sifatnya lebih kepada obat yang alami) dan gnosis (artinya pengetahuan), jadi artinya ilmu yang mempelajari tentang obat, terutama dari bahan alami, karena zaman yunani kuno belum ditemukan zat kimia sintetik.
Definisi modernnya adalah ilmu yang mempelajari tentang aspek biologi, biokimia, ekonomi dari bahan-bahan obat alami dan membahas kandungannya. Jadi mencangkup pula cara identifikasi dan cara mengevaluasi efek dari kandungan tersebut.

Cakupan kajian ilmu farmakognosi
Farmakognosi mencangkup ilmu tentang pengetahuan sejarah, distribusi, budidaya, koleksi, seleksi, preparasi, perdagangan, identifikasi, evaluasi, pengawetan, penggunaan kandungan bahan obat untuk mempengaruhi kesehatan manusia dan hewan

Sejarah pengembangan ilmu farmakognosi
Farmakognosi dikembangkan sejak kebudayaan assiria hingga jaman yunani kuno, dimana tokoh tokoh seperti Hipocrates dan Aristoteles mengembangkan ilmu-ilmu anatomi dan fisiologi, dan juga banyak menulis tentang tumbuhan. Yang terkenal adalah Galen, yang dikenal sebagai dokter dan farmasis pada tahun 131-200 Masehi, menguraikan metode membuat formula pengobatan menggunakan bahan dari tumbuhan dan hewan. Seorang ahli bernama Dioscorides juga membuat sebuah catatan mengenai tumbuhan yang mempunyai efek obat yang berjudul de materia medica.

Demikian pengenalan singkat tentang farmakognosi... semoga kenal hehe
Best Regards,