Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Minggu, 30 Agustus 2015

Self Upgrade

Dear All,
Mencoba hidup nyaman selalu menjadi impian dan keinginan dari semua orang, siapa coba yang mau hidupnya sulit terus ? tentu tidak ada. Tapi hati hati dengan yang namanya zona nyaman, yaitu kondisi dimana seseorang merasa nyaman dengan apa yang sudah didapatkannya tanpa mau berkembang untuk menuju suatu hal yang lebih baik lagi. Padahal kondisi hidup selalu memaksa kita untuk menjadi manusia yang adaptable dan berkembang. Jika tidak maka kita akan tertinggal oleh berbagai kemajuan-kemajuan yang ada. Adapting Process dapat diawali dengan melakukan suatu perubahan, dan semuanya berawal dari diri sendiri.

Perubahan pada diri sendiri merupakan bentuk kecintaan kita pada diri kita. Dengan berubah atau mencoba untuk berubah, artinya ada harapan agar diri menjadi sesuatu yang lebih baik lagi, lebih sukses, lebih dicintai, dan lebih disukai. Kondisi out from comfort zone, selalu menjadi suatu tindakan yang sulit, dan kita harus menganalisa point dalam diri manakah yang harus di upgrade ?. Self upgrade menurut saya mencangkup upgrade keimanan, personality,  pengetahuan/wawasan, life style dan penampilan. Mari kita bahas satu-satu.
1. Keimanan
Keimanan adalah bentuk tertinggi kepercayaan seseorang kepada Tuhan. Dalam agama manapun, keimanan adalah kekuatan spiritual utama dari seseorang dalam menjalani kehidupan. Keimanan ini bisa naik bisa turun, dan juga bisa tebal bisa tipis. Ketika seseorang memiliki keimanan yang tipis, seseorang cenderung bermindset negatif, tidak percaya kepada peluang dan menyalahkan kehidupan.  Tapi jika seseorang memiliki keimanan kepada Tuhan yang kuat, dia akan percaya Tuhan selalu bersamanya, dan dia akan dibimbing dan dimudahkan olehNya dalam segala urusan, Termasuk ketika keluar dari zona nyaman dan mencoba hal yang baru. Dia akan percaya Tuhan akan membantunya menguasai zona diluar zona nyaman dan membawanya ke kehidupan yang lebih baik lagi. So  mari tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita.
2. personality
personality  merupakan kombinasi dari pengelolaan logika dan hati yang membuahkan sikap, pemikiran dan tindakan. Untuk berkembang menjadi lebih baik lagi maka kita harus upgrade personality kita dengan berbagai cara. Misalnya belajar dari orang-orang bijak mengenai cara menanggapi kehidupan, membaca buku motivasi, atau belajar mengelola kepribadian adalah cara-cara mengupgrade kepribadian kita. Dengan sikap yang lebih bijak, lebih sabar, lebih tenang lagi maka dalam menghadapi tantangan di luar zona nyaman akan menjadi lebih mudah.
3. Pengetahuan atau wawasan
Memasuki zona di luar zona nyaman, artinya harus bersiap mendapatkan ilmu yang baru. Maka persiapkan diri kita dengan menambah banyak wawasan dan ilmu agar bisa adaptable. wawasan bisa didapat dari mana saja, baik dengan bertanya langsung dari pakar yang terbaik atau dengan media seperti buku maupun dunia maya. Jangan lupa untuk selektif dalam memilah sumber bacaan, terutama kebenaran dari ilmu yang dipelajari, jangan sampai hanya artikel tanpa landasan atau berita kriminalitas yang di update ><
4. Life style
Apakah life style harus selalu mengikuti perkembangan zaman ? tidak selalu. Pilihlah mana yang paling sesuai dengan kondisi kita. Tidak semua life style itu baik dan sesuai dengan kondisi keuangan, maupun personality dari kita. Mencoba sesuatu yang baru dan menarik itu perlu tapi mencoba semua tidak harus. Sesekali meningkatkan area pergaulan misal dari sekedar kongkow di warung burjo jadi ke kafe, atau travelling ke suatu tempat yang baru bolehlah untuk nambah pengalaman dan variasi hidup hehe
5. Penampilan
Ini adalah upgrade yang banyak orang justru dianggap  upgrade yang paling penting. Perubahan penapilan identik dengan peningkatan kepercayaan diri. So bernempilanlah yang lebih bersih, rapi dan menarik lagi. Pelajari trend penampilan terbaru, dan sesuaikan dengan diri (ingat, jangan memaksakan diri mengikuti tren). Prinsip berpenampilan adalah penampilan itu membawa si pribadi menjadi nyaman dan percaya diri dengan dirinya sendiri.

 Begitulah aspek yang menurut saya harus di upgrade demi berkembang menuju hal yang lebih baik lagi.
Best Regards,