Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Minggu, 30 Agustus 2015

Bharat Mahabharat

Dear All
Kemarin sore hari menjelang maghrib, iseng-iseng saya mencoba menonton televisi. Perhatian saya tertuju pada saluran tivi ANTV yang melakukan re-run serial mahabharata. Episodenya adalah tentang kompetisi yang diselenggarakan dalam rangka menguji kemampuan para kurawa dan Pandawa setelah menjalani masa pelatihan dan kembali ke istana Hastinapura. Tapi saya tidak akan membahas episode ini, karena yang ingin saya bahas adalah soundtrack saat pandawa dan kurawa berkonfrotasi.

Judul lagunya kalau tidak salah adalah Bharat Mahabharata dharma katha. Saya sendiri tidak tau artinya apa, tapi lagu ini  cukup menggambarkan aura konfrontasi acap kali pandawa dan kurawa bertemu. Salah satu momen dimana lagu ini muncul adalah saat Pandawa kembali ke Hastinapura setelah dianggap tewas terbakar, padahal mereka berhasil melarikan diri dari peristiwa pembakaran (kebakaran yang direncanakan kurawa dan shakuni) itu dan bahkan mendirikan sebuah kerajaan yang kemashyurannya menyilaukan Hastinapura. Kepulangan mereka ke hastinapura disambut suka cita oleh para sesepuh yang menyayanginya, namun ditanggapi kekecewaan besar oleh kurawa dan shakuni yang menjadi otak pembakaran itu. Sedangkan Pandawa kembali dengan kewaspadaan dan menahan amarah kepada Kurawa dan shakuni.

Berikut adalah lagunya
Best Regards,
sumber
MahabharataOst. 2015.Maha Track (bharat mabahabharat).2015.https://www.youtube.com/watch?v=mvSF-vnBvz4