Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Minggu, 14 Agustus 2016

Stop Bullying !



Dear all,
Saya paling tidak suka dengan adanya Bullying di suatu tempat. Si kuat yang menindas yang lemah ; yang merasa hebat atau keren menindas yang dianggap payah atau cupu ; yang merasa kaya menindas yang dianggap miskin ; atau yang merasa gaul /punya temen banyak menindas yang minoritas.

Kenapa sih harus ada Bullying ? mengganggu, jail, dan merasa ingin lebih dari yang lain adalah sifat dasar manusia yang buruk. Sifat tersebut ada pada diri setiap manusia, dan keluar jika si manusia itu tidak bisa mengendalikan atau mempunyai faktor pendukung untuk munculnnya sikap tersebut.

Saat saya SD, saya selalu di Bullly oleh gerombolan kakak kelas SD sebelah yang selalu menganggu secara verbal dan fisik. Belum lagi teman sekelas (yang sebenarnya kakak kelas juga tapi tidak naik), yang sukanya “minta jatah” uang. Semua itu beranjak ke SMP hingga SMA. Masih saja kakak kelas atau teman seangkatan yang “meminta-minta” berselubung ancaman. Mental anak bangsa yang seperti ini nih yang bikin Negara ngga maju-maju.

So, jangan beri tempat kepada Bullying. Guru di sekolah harus lebih proaktif dan blusukan  di sekolah mereka untuk mencari kemungkinan-kemungkinan tindakan itu muncul di siswa mereka. 2016, sudah ngga jaman Bullying !.