Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Kamis, 11 Agustus 2016

Mekanisme



Dear All,
Belajar mengenai obat itu menyenangkan bagi saya. Apalagi ketika bicara mengenai mekanisme kerjanya dalam ilmu farmakologi rasanya greget banget. Dulu ketika saya masih awal-awal masuk ke farmasi, jujur saja rasanya boring mata kuliah isinya hitungan dan rumus-rumus kimia. Rasanya kepala saya mendidih dipenuhi dengan nama nama senyawa dan rantai atom. Namun ketika saya memasuki mata kuliah yang langsung “berbau” farmasi, pikiran saya menjadi segar kembali.

Memang farmasi tidak bisa dipisahkan dengan kimia. Bagi yang kimianya bagus, Selamat !... anda selangkah lebih maju di awal-awal perkuliahan. Bagi yang tidak, anda hanya berharap bisa menemukan ketertarikan di semester selanjutnya dalam rangka memperbaiki IPK hehehe. Seperti saya ini, di awal-awal perkuliahan jeblok, tapi di ending lulus dengan baik.

Memahami mekanisme kerja obat itu sangat membantu kita untuk menjelaskan bagaimana obat tersebut memberi pengaruh terhadap penyakit yang sedang diterapi. Wlaupun ketika dihadapan pasien, tentu kita tidak akan berbicara mengenai mekanisme itu karena pasti pasien justru akan bingung. Bayangkan jika kita berbicara penghambatan siklooksigenase 2 ketika menjelaskan ibuprofen kepada pasien , dijamin mereka bingung !

Menurut saya salah satu skill yang harus dipunyai dari Apoteker adalah kemampuan menganalisa dan menghubungkan mekanisme-mekanisme kerja dari obat itu terhadap terapi. Ini harus diasah, dan butuh developing knowledge, lebih dari sekedar baca buku-buku standar.
Best Regards,