Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Minggu, 10 Juli 2016

Pelayanan Kesehatan adalah Tim.

Dear All,
As we know... Pelayanan kesehatan yang baik adalah pelayanan kesehatan yang terpadu, komprehensif, dan melibatkan multiprofesional kesehatan. Tidak hanya Dokter sendiri, perawat sendiri, atau yang lain, tapi semua bekerja sama ; saling melengkapi ; saling beraksi demi satu-satunya goal...kesehatan pasien. 

Dokter dalam mempersiapkan tata laksana terapi juga membutuhan kinerja tim penunjang diagnosa dalam "mempersembahkan" bahan untuk menegakkan diagnosa. Hasil lab, hasil kultur, hasil foto thorax, rontgen, radiologi dsb, adalah bukti kekompakkan yang dibangun. Kemudian jika diagnosa telah tegak, dan terapi telah dicanangkan...maka tim penunjang terapi beraksi disertai dengan kinerja keperawatan untuk mengawal perawatan pasien. 

Farmasi beraksi dalam "mempersembahkan" obat dan alkes, disertai cara penggunaan yang tepat, kemudian jika ada terapi dengan radiasi maka membutuhkan pelayanan radioterapi. Untuk mensuplai masalah gizi, ada tim gizi yang memberikan suplai asupan yang sesuai dengan kondisi pasien. Belum lagi penunjang-penunjang lain dari sisi alat maupun sarana-prasarana. Mereka semua bekerja sama.

Jika ada salah satu "rapuh" maka dipastikan, rantai terpadu itu akan tidak optimal dalam memberikan pelayanan. Maka yang perlu dimengerti oleh masing-masing individu disana adalah, hargai satu sama lain dan saling support. Jangan merasa lebih dan jadikan pasien sebagai orientasi utama.
Best Regardsm