Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 29 April 2016

Write On...

Dear All,
Hai Sinnamate, akhirnya buka blog lagi setelah sekian lama. emmm...Postingan di blog ini tampaknya menjadi semakin berkurang intensitasnya yah ?. Saya sendiri baru saja menyelesaikan sebuah rangkaian kegiatan untuk pekerjaan dalam jangka waktu yang lama, dan memang hanya punya waktu yang sedikit sekali untuk bisa duduk santai sekedar online. Tapi tidak masalah, karena sekarang waktu luang itu sudah kembali dan harus saya manfaatkan.

Kira-kira apa yang mau saya bahas di tulisan ini ? ada ide ? ahh..saya ingin sedikit menceritakan pengalaman saya ketika menjalani kegiatan kemarin saat off lama. Sebenarnya saya menjalani kegiatan pendidikan dan pelatihan, dimana ada pembelajaran perkuliahan, sampai praktek yang hasilnya harus divideokan dari proses awal sampai akhir, kemudian nanti dipresentasikan. Ini merupakan tantangan tersendiri karena jujur saja, saya belum pernah membuat video sendiri, untuk sekedar iseng-iseng apalagi untuk yang serius.

Singkat cerita saya membuat video dibantu salah seorang rekan kerja (big thanks for her) dan setelah semua proses Shooting selesai, semua file saya kumpulkan menjadi satu untuk saya olah di software pembuat video bawaan di laptop, yaitu Windows Movie Maker. Menurut saya, aplikasi ini cukup mudah digunakan oleh orang awam seperti saya dalam pembuatan video, dan tentunya hasilnya juga baik. Banyak efek yang bisa digunakan, dan pilihan design serta animasi gerak instan yang bisa diaplikasikan dalam video yang kita buat.

Satu hal yang sangat penting dalam pembuatan video selain bagaimana kita memilih scene yang menarik untuk ditampilkan, juga adalah backsound musik yang tepat. Maksudnya tepat adalah, tune dari musik tersebut sesuai dengan penggambaran yang ada di video tersebut. Dalam memilih lagu atau musik yang pas, ternyata gampang-gampang susah juga ya, apalagi ketika harus menyesuaikan panjang musik dengan part video. Kegiatan ini nih yang dapat membuat saya betah berlama-lama di depan laptop hehe.. saya yakin ada diantara para sinnamate yang juga doyan kegiatan ini.. iya kan ?

Walaupun video yang saya buat amatiran dan belum bisa meraih hasil yang terbaik, tapi saya coba ambil hikmahnya bahwa dengan kegiatan ini, saya menjadi mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana membuat video. Saya bangga dengan apa yang sudah dihasilkan, dan karya ini siapa tahu bisa menjadi pembuka bagi project lain yang lebih mensukseskan.

Demikian dulu ya sinnamate apa yang bisa saya tuliskan disini,... untuk pengalaman lain akan saya tuliskan di postingan-postingan selanjutnya.
Best Regards