Copyright © Light After Darkness
Design by Dzignine
Jumat, 15 April 2016

Butuh Ketenangan...

Dear All,
Hai Sinnamate, bagaimana jalannya hari ini ? saya harap hari ini berjalan dengan berbagai keindahan yah.. amin. Saat ini saya sedang merasa membutuhkan ketenangan dalam hiruk pikuknya rutinitas yang saya jalani sehari-hari. Ketenangan itu berupa perasaan tanpa tekanan, atau berada di kondisi yang nyaman untuk bernafas dan menikmati segalanya.

Pada kenyataannya kehidupan orang dewasa terkadang jauh dari ekspetasi para anak kecil di masa lalu mereka. Kehidupan yang damai, menyenangkan dan hebat ternyata dibaliknya ada masa-masa yang kadang berjalan sulit, bahkan cenderung kelam. Ssaat dimana orang yang satu dan yang lain saling bergesekan demi kepentingan yang memuaskan ego masing-masing muncul, bahkan terkadang tidak mengindahkan moral dan etika bahkan agama yang dipelajari sedari kecil. Semuanya terjadi di lapisan masyarakat, dari yang tidak sekolah, sampai tingkat profesor. Semuanya jika menyangkut ego, logika dari kepandaian tidak bisa muncul karena kalah dari hawa nafsu.

Ketika gesekan-gesekan muncul dan berkembang kepada konflik, maka munculah potensi chaos dimana-mana. Ketika para kejahatan, kedengkian, dan pertentangan mulai bermunculan, ketika sikap-sikap buruk dipertontonkan dan menjadi pemakluman, bahkan dimaafkan...rasanya kehidupan berjalan menjadi sangat “panas” dan tentu tidak nyaman. Tapi itulah yang masyarakat kita sedang alami, dan entah kenapa hal ini meluas dengan cepat ke semua sektor kehidupan kita.

Sebagai anak muda yang sedang tumbuh dewasa dan sedang menghadapi kondisi masyarakat yang seperti ini, tentunya memang bukan jalan yang mudah menghadapi ini semua. Jika tidak mempunyai prinsip kehidupan, tentu anak muda akan mengikuti arus yang ada hanya sesegera setelah dia merasa tersakiti oleh kelamnya konflik yang ada. Bisa saja dia menjadi penerus generasi yang rusak itu, kecuali dia masih mempunyai pegangan etika, moral dan agama. Caranya adalah dengan dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan tidak menjahati orang lain, dan tidak memaklumi kejahatan orang lain. Sikap buruk selalu adalah sikap buruk, maka hindarilah dan jangan tunduk kepada sikap tersebut, walaupun itu keluar dari senior, atau orang terpandang dari kalangan kita. Jangan takut merasa melawan dunia, karena sikap baik memang selalu menjadi cahaya sendiri ditengah gumpalan hitam.

Selamat pagi Sinnamate,

Best Regards,