Dear Sinnamate
Kemampuan melayani adalah
sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Permasalahan dari
kemampuan melayani tidak hanya dari kurangnya skill, tapi juga kurangnya
motivasi dasar atau gairah untuk “melayani” orang lain. Gengsi ketika diartikan
sebagai “pelayan” dan kecenderungan untuk “dilayani” oleh sesama membuat
kemampuan ini tidak bisa dikatakan semudah membalikkan tangan. Setiap individu harus memperhatikan perbaikan hal-hal dasar ketika belajar memberikan pelayanan kepada orang lain, yaitu antara lain:
1. Perbaikan
Skill
Modal dasar dari melayani seseorang adalah pengetahuan
dan ketrampilan. Tentu kita tidak mungkin melayani seseorang dengan apa yang
tidak mereka butuhkan. Kompetensi yang dipunyai kita gunakan untuk memenuhi
keinginan mereka akan suatu hal. Jika problem mereka berhasil diselesaikan,
tentu mereka akan mendapatkan kepuasan.
2. Perbaikan
Attitude
Ini
adalah aspek yang paling sering dikeluhkan dalam dunia pelayanan service. Cara
berbicara, cara ekspresi muka, bahasa tubuh, nada suara, ketrampilan mendengar dan
penampilan fisik adalah hal-hal yang harus dilatih dan”dipoles” dalam
memberikan kualitas terbaik dari pelayanan. Bagaianapun juga pelanggan ingin
melihat penampilan menarik dari pelayanan yang diberikan kepadanya
3. Perbaikan
Mindset
Pelanggan
adalah bos ? bagi saya pelanggan adalah mitra. Jika kita mitra, maka akan ada
win-win solution dari pelayanan yang menguntungkan bagi mereka dan juga bagi kita.
Tidak hanya salah satu saja yang menguntungkan, karena tak ada artinya juga
pelanggan puas, kita babak belur, atau kita puas pelanggan kabur hehe. Mindset
yang dibangun yaitu pelanggan adalah orang yang penting bagi kita maka berikan
yang terbaik untuk mereka.
Demikian
hal dasar yang harus diperbaiki dari masing-masing individu dalam belajar
memberikan pelayanan. Saya juga sedang belajar dalam melayani orang lain
sehingga juga sedang melakukan perbaikan
Best Regards